Jagad Maya

Jagad Maya, kamu memang yang terindah bagiku. Aku mungkin belum pernah bertemu dengan kebanyakan temanku di sini. Mungkin pula aku memang pernah bertemu walau cuma sekali. Namun hebatnya, aku tak melihat perbedaan yang jelas saat aku berbincang dengan mereka di duniamu. Semua teman baik baru dan lama seakan sama dalam satu mata, tak risau apakah aku kenal betul dengan mereka atau tidak.

Memang banyak dari mereka yang mungkin tak nyata. Akun palsu katanya. Cara terbaik mengenali mereka adalah dengan lebih lama mengenalmu terlebih dahulu, Jagad Maya. Semakin aku kenal kamu, semakin aku bisa mengenali siapa yang asli, siapa yang tidak. Aku cukup hidup dan menghirup nafas yang kamu berikan. Selanjutnya, aku biarkan aura kehidupanmu yang akan menunjukkan jalan dengan sendirinya.

Jagad Maya, kamu memang luar biasa. Kamu sebenarnya telah menciptakan dunia yang nyaman, yang membuat para peragu dan pemalu akhirnya berani berbicara. Kamu membuat aku yang sukar berbicara di dunia nyata untuk berani menunjukkan diri. Kamu membuat mereka yang tak bisa berucap lancar untuk berani mewujudkannya dalam susunan kata dan frase. Kamu sungguh membuat segalanya menjadi lebih mudah.

Hanya saja, kadang masih saja ada yang merusak kemurnianmu. Ada yang merasakan dunia yang kamu ciptakan ini bebas tanpa aturan, sehingga merasa bisa berbuat sesuka hati mereka. Aku tak mau menuduh, karena aku sendiri pun suka merasa pernah berbuat demikian. Aku pernah menyakiti teman yang bahkan belum pernah kujumpa sebelumnya. Aku pernah menyinggung hati seseorang hanya karena perbedaan persepsi dalam kata. Aku pernah sesuka hati menuliskan pesan tanpa berpikir jauh apakah aku menyiksa batin orang lain yang membacanya.

Satu hal yang aku suka dari kamu, Jagad Maya, kamu sudah menyiapkan dunia ini dengan sebaik yang kamu bisa. Tak sempurna memang, tapi sudah sangat memadai. Sekarang biarkan kami yang mengisinya dengan kata dan gambar kami. Biarkan kami saling bercakap satu sama lain, memohon maaf kalau kami menyakiti satu sama lain, menyebar ilmu dan keahlian kami demi kebaikan teman-teman kami, dan biarkan kami untuk menjaga duniamu dengan energi positif.

Terima kasih Jagad Maya. Terima kasih sebesar-besarnya. Aku akan selalu terus menjagamu.

One thought on “Jagad Maya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge