Ikutan Eksperimen Flashmob

Hari Jumat malam lalu, terkait dengan Sumpah Pemuda, saya tertarik untuk ikutan acara yang saya tahu infonya hanya dari Facebook. Ini baru sebenar-benarnya flashmob, karena semua yang ikut serta benar-benar atas keinginan sendiri dan tanpa bayaran. Sebenarnya saya suka malas mengikuti acara yang ujung-ujungnya ditunggangi brand. Makanya saya coba tanya sana sini dulu, memastikan kalau perhelatan flashmob ini tidak disponsori brand tertentu. Sejauh yang saya tahu saat itu, memang tidak ada.

Di flashmob ini, semua peserta yang mau ikutan harus terlebih dahulu mengunduh MP3 berdurasi 25 menit. Kita hanya boleh memutar MP3 ini pukul 19:00 tepat di Central Park. Selama 25 menit itu, nantinya akan ada petunjuk melalui rekaman MP3 kegiatan apa yang harus kami lakukan. Peserta yang datang harus mengenakan kaos putih dan merah, sesuai tanggal kelahirannya di angka ganjil atau genap. Peserta juga harus membawa senter dan membawa jaket atau rompi untuk menutupi kaos yang kita pakai.

Barisan Merah dan Putih

Di Central Park saya bertemu dengan Rahne dan Muty (dan temannya yang saya lupa namanya). Ternyata hanya bermodal undangan di Facebook, yang disebar dari mulut ke mulut, banyak sekali yang berdatangan. Hujan rintik-rintik nggak membuat minat para peserta mengendur.

Jam 19:00 tepat kami semua memainkan MP3 di ponsel kami masing-masing. Petunjuk di MP3 mengajak kami semua untuk freeze (diam di tempat), jongkok, meloncat-loncat, mengayun-ayunkan senter ke langit, membentuk bendera Merah Putih berdasarkan kaos yang kami pakai, menyanyikan beberapa lagu wajib, hingga membaca bersama Sumpah Pemuda.

Muty, Rahne, dan temannya Muty

Sayangnya memang meski melalui Facebook, kita sudah diminta untuk mencocokkan waktu di jam kita masing-masing, kenyataannya di lapangan, sinkronisasi susah dilakukan. Saya misalnya, telat memencet tombol play, sehingga ketinggalan dibanding peserta lainnya. Di tengah-tengah aksi flashmob, saya akhirnya mempercepat petunjuk supaya bisa sinkron dengan peserta lainnya.

Di akhir acara, flashmob ini sungguh menyenangkan. Fun yang jelas. Saking besarnya energi para peserta yang ikutan berpartisipasi, hingga acara flashmob berakhir pun, mereka masih asyik berkumpul beramai-ramai spontan di tengah taman di Central Park.

Hmm.. buat saya yang ikut merasakan langsung di dalamnya, aksi flashmob ini sungguh eksperimen sosial yang sangat menarik. Betapa banyaknya orang yang antusias ikutan, meski dalam kemisterian tindakan apa yang harus dilakukan di lapangan. Kegiatan ini pun tanpa promosi heboh, namun bisa mendatangkan lebih dari 100 orang untuk terlibat aktif berpartisipasi.

Siapa yang sudah pernah ikutan flashmob serupa sebelumnya?

Foto-foto usai bubaran flashmob

One thought on “Ikutan Eksperimen Flashmob”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge