Hiburan Motion Comic

Apa itu motion comic? Ini sebenarnya genre yang agak banci, dibilang komik ya terlalu kompleks, tapi dibilang animasi ya terlalu sederhana. Motion comic itu biasanya menggunakan elemen-elemen gambar dari suatu komik, lalu dianimasikan, diberi efek suara dan grafis. Karena geraknya yang biasanya sederhana, kekuatan utamanya adalah pada pengisi suaranya. Anggap saja, kita jadi melihat komik yang dihidupkan dalam format gerak (masih menggunakan desain artwork asli dari komik).

Saya sendiri antara suka dan tidak suka melihat motion comic. Ada yang gerak animasinya lumayan bagus, pengisi suaranya jelas, maka hasilnya pun enak dinikmati. Namun tetap saja, saya cuma bisa menikmatinya dalam waktu pendek. Alias, kalau yang saya tonton itu sampai berdurasi lebih dari 15 menit, saya pasti langsung bosan.

Mungkin itu juga, para produser motion comic ini selalu menayangkannya dalam durasi pendek, dan dibagi menjadi beberapa episod. Supaya nggak terlalu jenuh menontonnya.

Saya pertama kali tahu genre motion comic ini sewaktu melihat Spider Woman diadaptasi dari komiknya menjadi potongan film pendek, dan ditayangkan di situs Marvel.com. Marvel pernah pula mengadaptasi komik Captain America: Reborn, Astonishing X-Men, dan Iron Man: Extremis menjadi motion comic. Yang paling keren sih Iron Man: Extremis karena animasinya menambahkan animasi 3D baru sebagai pelengkap elemen di dalamnya. Semua seri motion comic Marvel ini cuma bisa dinikmati dengan mengunduhnya di iTunes.

Yang baru saya lihat (tepatnya mengunduh sih beberapa hari lalu) adalah serial motion comic Batman: Black & White dan Superman: Red Son dari DC. Sebelumnya, DC pernah pula mengeluarkan seri Batgirl: Year One dalam versi motion comic. Cukup menarik, setidaknya saya bisa menonton seluruh episod Superman: Red Son tanpa ketiduran. Hahaha…

Ada yang menggunakan motion comic sebagai teaser akan dikeluarkannya film yang diadaptasi dari suatu komik. Seperti motion comic Walking Dead, yang meskipun berwarna hitam putih tetap bisa menarik untuk disimak cerita animasinya.

Salah satu channel populer di YouTube, Machinima, bahkan kini menayangkan motion comic yang diadaptasi dari serial komik John Woo’s 7 Brothers. Serinya masih tayang hingga saat ini.

Genre motion comic ini juga banyak penggemarnya. Coba saja cari di YouTube, banyak banget buatan para fan. Mereka mengambil elemen komik asli lalu mereka olah ulang dengan grafis dan pengisian suara. Meski nggak semuanya bagus buat disimak sih. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge