Piknik di Taman Tebet

Kayaknya belum lama ada piknikasik di Taman Senopati, kok sekarang sudah piknik lagi ya? Ya memang rencananya sebulan sekali sih. Katanya kali ini serempak di banyak kota. Piknikasik di Jakarta diselenggarakan di Taman Tebet – Honda. Sempet ragu juga untuk berangkat, karena hujan deras mendera seharian penuh. Hujan pun baru menghilang setelah jam 10, dan saya pun baru berangkat jam 12 siang. Hahaha, telat ajalah pokoknya.

Pernah dengar sih tentang taman ini. Setidaknya pernah ada yang berkomentar tentang keberadaan taman ini di tulisan ini. Hehehe, makanya baru tahu. Cek googling sejenak, ternyata taman ini sudah ada sejak setahun lalu. Saya tahu sih memang sejak dulu di antara perbatasan Tebet Barat dan Tebet Timur itu ada area hijau luas. Namun baru ngeh kalau salah satu bagiannya telah direnovasi menjadi taman yang lebih nyaman. Mungkin karena renovasinya disponsori oleh Honda, makanya nama tamannya menggunakan nama Honda.

Sesampainya di Taman Tebet – Honda ini langit sudah terang, setelah hujan mengguyur seharian. Para peserta piknikasik sudah nongkrong lama sambil ngobrol ngalur ngidul seperti biasanya. Silaturahmi sejenak, berkenalan dengan yang belum kenal, menyapa yang sudah kenal.

Saya sempat berkeliling mengamati siapa saja yang datang ke taman ini. Asyik juga, ada sekumpulan anak yang belajar beraksi sepeda di area perkerasan luas yang berada di tengah taman. Kayaknya semalam ada acara pula di taman ini, karena saya melihat kursi-kursi yang ditumpuk di bawah tenda.

Saya melewati jembatan dengan air sungai kecil di bawahnya. Wah, asyik juga. Sungainya bersih dan nggak bau. Saya pun melihat beberapa orang yang asyik mojok. Ada pula entah kelompok apa yang sedang melakukan pemanasan lari keliling taman. Di salah satu area juga terlihat tempat bermain anak.

Yang unik adalah, pedagang kaki lama hanya berjualan di luar taman, tak jauh di pintu masuk. Tidak ada yang masuk ke taman menawarkan dagangannya. Entahlah apa karena ini dilarang atau tidak. Namun di sudut lain taman, saya melihat seorang ibu yang berjualan nasi dan minuman. Tempat untuk ibu ini memang sengaja disiapkan lokasinya. Jadi tidak berdagang liar seperti yang biasa kita lihat di trotoar-trotoar jalan di Jakarta.

Taman Tebet – Honda ini asyik. Beruntunglah warga Tebet punya tempat seperti ini untuk melepas lelah dan pikiran. Mudah-mudahan sih akan semakin banyak tempat seperti ini di seputar Jakarta. Tempat yang bukan sekedar area hijau, tapi juga menjadi tempat warga berkumpul dan bersosialisasi.

4 thoughts on “Piknik di Taman Tebet”

  1. Nah taman ini kalo siang memang indah, tertata dan menarik. tapi kalo malem gelaap banget 😀 serta selalu terlihat ada beberapa motor yang merapat di taman ini serta, tak jelas kemana pengendaranya. mungkin lagi asyik mojok di tempat2 gelap :))

  2. Sayang sekali taman honda tebet ini sungainya sangat bau, penyebabnya di seberang jl MT Haryono ada beberapa kandang sapi perah yang buang limbah langsung ke sungai. Heran di tengah pemukiman ada kandang sapi tetapi pemda dki tidak segera menertibkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge