AKB48xJKT48

Waduh, ini postingan sebenarnya telat banget. Jadi 2 minggu lalu, 25 Februari 2012, saya sempat nonton gratisan konser AKB48xJKT48. Itu loh tim dari Akihabara, Jepang yang isinya puluhan gadis cantik yang menamakan grupnya AKB48 datang ke Jakarta. Di Kartika Expo, bersama dengan adik-adik terbarunya di Jakarta, JKT48, menyelenggarakan show perdananya di Indonesia.

Sayangnya yang datang dari AKB48 kebanyakan bukan yang populernya (halah, sudah syukur datang dan bisa nonton gratisan, masih nggak puas juga). Di antara yang datang, yang saya kenal wajahnya cuma dua: si Minami Takahashi dan Ami Maeda. Lainnya nggak kenal. Haha, soalnya saya cuma familiar yang cakep-cakep dan populer saja sih.

Di show ini, AKB48 banyak membawakan lagu-lagu populer di 2010-2011. Plus, ada pula JKT48 yang ikut beraksi di panggung. Di akhir show, AKB48 dan JKT48 menutup show dengan lagu andalannya, Heavy Rotation.

Baru kali ini saya nonton konser yang beraroma Jepang, dan rasanya sungguh berbeda dibandingkan nonton konser artis Amerika (padahal ya nontonnya sama-sama juga di Indonesia). Kalau biasanya kita di konser itu mengikuti nyanyi si artis (sing a long), nah kalau konser Jepang itu beda. Yang ada malah si penonton (yang biasanya disebut dengan Wota) yang membalas dengan nada tertentu setelah sebaris kalimat diucapkan si artis. Agak-agak mengganggu sebetulnya, haha tapi ya ini ciri khas kok ya dinikmati saja. Apalagi yang namanya Wota ini kebanyakan cowok. Seperti konser AKB48 di Jepang yang isinya memang didominasi oleh penonton cowok, di konsernya di Jakarta ini ya serupa.

Saya lumayan mengikuti perkembangan AKB48 cukup lama, dan karena sudah menonton hampir semua video dan konsernya di YouTube, jadi tahu kalau setiap lagu mereka itu punya koreografinya masing-masing. Mau siapapun anggota tim yang terlibat dalam show (mau yang utama atau bukan), koreografinya tetap sama. Entah bagaimana caranya setiap anggota ini bisa mengingat semua gerakan ya. Lagunya banyak banget soalnya. Belum lagi kekompakan dalam koreografi itu juga kompak pula dalam hal vokal. Entah pelatihan dan gaya disiplin seperti apa yang membuat mereka semua bisa terlatih seperti itu ya.

Mengena show AKB48xJKT48 sendiri, saya sempat mengarsipkan live tweet dari berbagai sumber. Silakan baca saja berikut ini:

Untuk foto-fotonya, silakan cek di bawah ini (terima kasih Suprie untuk koleksinya).

2 thoughts on “AKB48xJKT48”

  1. Pingback: Teater JKT48

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge