Piknik Asik di Taman Situ Lembang

Seminggu ini saya ke taman dua kali. Kalau Sabtu kemarin saya ke Taman Cattleya di Tomang, maka hari Minggu ini saya ikutan lagi acaranya Piknik Asik, yang kali ini diadakan di Taman Situ Lembang.

Saya sudah beberapa kali melewati Taman Situ Lembang sebelumnya. Setiap kali lewat yang terlihat adalah taman dengan danau di tengahnya. Hijau tapi biasalah seperti taman umumnya di Jakarta, miskin perawatan. Namun kini pandangan saya berubah sama sekali. Taman Situ Lembang, yang berlokasi tak jauh dari Taman Senopati Suropati ini kali ini sudah direnovasi total.

Danau (situ) di jalan Lembang ini dikelilingi oleh paving yang landai. Orang bisa berjalan atau bersepeda berkeliling taman dengan nyaman. Yang menarik, banyak sekali tempat bermain untuk anak di sini. Dari ayunan, perosotan, hingga tempat anak kecil latihan memanjat. Di tepian tempat bermain ini terdapat batu-batu alam yang dipasang berdekatan. Biasanya ini dipakai untuk terapi kaki. Orang tinggal melepas alas kakinya dan berjalan di batu-batu ini.

Saat saya datang tadi pagi sekitar pukul 9, taman ini sudah ramai. Ramai tapi masih tetap nyaman. Di tengah danau, air mancur menyala kencang, menyibak bunga-bunga teratai yang tersebar di tengah danau. Di sekeliling danau banyak orang yang terlihat memancing. Saya sempat tanya ke bapak-bapak yang kelihatannya sudah sering berada di situ. Katanya ia bisa dapat ikan mujaer atau lohan di sana (entah ya ini bohong atau tidak).

Saat saya sudah berkumpul dengan teman-teman Piknik Asik, tiba-tiba air mancurnya berhenti. Tanya-tanya, termyata air mancur ini hanga menyala 3 kali dalam sehari, pagi jam 9, siang jam 12, dan sore jam 4. Memang benar, saat saya di sana hingga siang, air mancur pun kembali menyala jam 12 lewat.

Hiburan di Piknik Asik kali ini adalah cupcake dan tiramisu. Hahaha yang bawa makanan enak banyak. Saya sih cuma ikut ngehabisin saja. Selain itu ada pula teman-teman Levitasi Hore yang melakukan photowalk bertema levitasi. Untunglah hari ini cuaca sangat cerah, sehingga kegiatan Piknik Asik bisa berlangsung hingga lewat siang hari.

Saya sendiri harus pulang duluan tadi. Pasti saya akan datang ke Taman Situ Lembang lagi kapan-kapan. Tentunya dengan mengajak keponakan. Di mana lagi ada tempat anak bermain di ruang terbuka yang nyaman dan gratis? Mudah-mudahan saja sih taman yang keren ini tetap terurus dan terpelihara keindahannya. Supaya Jakarta beneran bisa punya banyak ruang hijau yang benar-benar hidup dan membuat nyaman warganya.

3 thoughts on “Piknik Asik di Taman Situ Lembang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge