Lensa Kacamata Baru

Ini sebetulnya cerita minggu lalu. Sudah beberapa minggu belakangan ini kepala saya suka pusing. Kadang saya berpikir kalau saya yang memang kecapaian. Namun saya merasa mendingan ketika kacamata saya lepas. Sudahlah, saya langsung bisa simpulkan, lensa kacamata saya pastilah sudah bermasalah. Memang sudah lama sekali sejak saya ganti terakhir kali. Pasti ada baret-baret di lensa (yang sepintas tak terlihat), tapi sebenarnya mengganggu hingga membuat kepala saya pusing.

Puluhan tahun lalu, awal saya memakai kacamata, saya membelinya di optik terkenal. Saya sebut sajalah ya, Optik Melawai. Memang setiap kali saya mengganti lensa baru, saya selalu diminta untuk menunggu beberapa hari. Beberapa tahun terakhir ini, setelah saya tahu kalau di ITC Mangga Dua bisa ditemukan puluhan kios optik, saya membeli lensa dan kacamata baru di sana. Murah meriah, bahkan untuk merk terkenal sekalipun. Kalau budget terbatas, bisa pilih kualitas KW supernya, yang hampir nggak bisa dibedakan sama sekali dengan aslinya.

Untuk harga memang kios-kios ITC Mangga Dua nggak ada yang ngalahin. Bahkan mereka bisa menjual merk-merk terkenal yang nggak akan bisa ditemukan di Optik Melawai, Seis, atau Tunggal. Yang lebih luar biasa adalah, mereka sanggup mengganti lensa kacamata baru hanya dalam satu jam. Pernah suatu waktu, mereka tidak bisa menyelesaikannya dalam satu jam, mereka malah berjanji akan mengirimkannya ke saya esok hari. Diantar ke rumah!

Nah, minggu lalu saat saya mau ganti kacamata. Sebetulnya nggak masalah saya mencari lensa kembali di ITC Mangga Dua. Satu hal yang membuat saya ragu membeli di sana adalah proses pengecekan matanya. Nggak meyakinkan soalnya. Meski mereka punya alat pengecek ukuran lensa, ruang kios yang terbatas membuat mereka memanfaatkan cermin untuk mengatur jarak tembakan antara mata ke tulisan yang harus saya baca. Kesannya jadi nggak presisi.

Saya pun mencoba lebih dahulu ke optik-optik terkenal, seperti Melawai, Seis, dan Tunggal. Ya siapa tahu setelah bertahun-tahun, optik-optik ini sudah punya pembaharuan servis, seperti ganti lensa kacamata yang bisa ditunggu. Kenyataannya, setelah saya menelpon dan mendatangi masing-masing optik, servis mereka tak berubah sama sekali. Untuk lensa plastik, mereka butuh waktu 3 hari, sementara lensa kaca mereka butuh waktu 5 hari. Ternyata tidak semua optik terkenal ini punya mesin potong lensa. Untuk optik yang punya mesin potong lensa, mereka memang bisa melakukan servisnya dalam satu jam, dengan asumsi mereka punya stok lensanya. Sayangnya, nggak semua jenis lensa mereka siap. Untuk yang nggak punya mesin potong, lensa akan dibawa ke laboratorium masing-masing. Makanya butuh waktu lama.

Kacamata kan sudah barang konsumsi umum. Agak aneh kalau optik-optik ini belum bisa menanganinya, sementara optik kelas kios ala ITC Mangga Dua bisa melakukannya. Bukan hanya ITC Mangga Dua. Kios-kios semacam ini dengan servis serupa bisa ditemukan di ITC Cempaka Mas, Blok M, hingga ITC Kuningan. Hampir semua kios punya mesin potong lensa. Yang nggak punya akan berkolaborasi dengan yang punya. Demikian pula dengan stok lensa. Kalau satu kios nggak punya stoknya, ia akan mencarinya di kios sebelah. Saling membantu satu sama lain dalam berbisnis.

Setelah membandingkan antara optik terkenal dan optik kelas kios, saya jadi bingung, kenapa masih banyak orang yang lalu memilih optik terkenal ya? Di optik kelas kios, harga lensa jelas lebih. Servis lebih cepat. Kalau mau gaya-gayaan, banyak kacamata kelas KW super yang sangat murah bisa ditemukan. Kalau mau beli yang original pun, di optik kelas kios juga bisa ditemukan dengan harga yang lebih murah daripada optik terkenal.

Memang sih kalau ngomongnya QC (quality control), optik terkenal lebih menjamin. Namun sangat sayang kalau karena QC ini, layanan yang diberikan menjadi semakin lama. Seharusnya untuk optik sekelas Melawai, Seis, atau Tunggal, mereka sudah bisa menemukan cara supaya lead time servis lebih cepat dengan tanpa mengabaikan QC yang tinggi.



9 views shared on this article. Join in...

  1. chemud says:

    Pas banget daku juga baru ganti kacamata om.
    malah jadi hobi gonta-ganti kacamata krn murah, kualitas juga oke walau kw, pelayanan kios langgananku di itc cempaka mas juga lebih memuaskan.
    kadang digratisin apalah / dikortinglah.
    kalo ke optik mahal gitu biasa cuma numpang cek mata min brp sekarang. hahaha
    :p

  2. mawi wijna says:

    janggal ya? bukannya optik besar biasanya fasilitasnya lebih lengkap? Masak laboratorium dengan optiknya nggak bisa jadi satu?
    mawi wijna recently posted..Sembuhkan Trauma di Mie Ceker BandungMy Profile

  3. Zam says:

    iya, langgananku di Blok M Square. yang agak meragukan memang cara ngetes matanya, karena mereka pake cermin itu.. tapi buat yang minusnya dikit sih kayaknya gak masalah ya.. kalo yg minusnya banyak atau silinder, kesian juga soal presisi..

    oya, utk lensa mereka juga bisa ngasih banyak pilihan. bahkan bisa dibuatkan juga kuitansi kalo misal ongkos kacamata diganti sama kantor atau tidak..
    Zam recently posted..Kartu Pos dari Edinburgh, Britania RayaMy Profile

  4. Ceritaeka says:

    Untung mataku gak terlalu masalah. Jadi paling ke Melawai untuk bersih2 lensa doank atau cek mata.
    Ceritaeka recently posted..I Want To Break FreeeeMy Profile

  5. kw says:

    knp orang tetap beli di kios optik terkenal, mungkin karena kepercayaan saja. konsumen tak mau mempertaruhkan kesehatan matanya di kios-kios yang dianggap kurang sempurna.

    pengen si ke itc mangga dua, kalau ada temannya. di sana harus nawar2 kan? :))
    kw recently posted..cerita admin kepada dua pendengarnyaMy Profile

  6. Windha says:

    Saya banyak kaca mata, tp sekarang setelah cek mata ganti dgn plus 1 (kiri) dan 1.5 (kanan). Apa di sana bisa ganti lensa yg berbeda seperti saya?
    Masalah lainnya, saya tinggal di luar negeri dan untuk ganti lensa mahalnya minta ampun.
    Apa kalian ada yg tau berapa harga ganti lensa, berapa waktu diperlukan?
    makasih ya…

    • Pitra says:

      @Windha: seharusnya sih bisa banget. Lensa kiri dan kanan kan dianggap beda. Kalau harga tergantung merk lensanya sendiri, tapi yang jelas kalau di ITC gitu bisa lebih murah sampai 30% daripada kalau beli di Optik terkenal. Waktunya sih seperti disebutin di postingan di atas, kalau stoknya ada, ditunggu sejam selesai.

  7. Azhar says:

    Numpang tanya dong, kalo yang jual frame kacamata yang oversize dimana ya? Saya udah cari ukuran yang muat sama kepala saya, tapi sulit di temui. Ukuran yang muat kira-kira 58 ke atas. Please mohon bantuannya.

  8. rissa says:

    maaf saya sebagai praktisi optik sedikit berbagi pengalaman kenapa di optik2 tertentu lensa selesai dalam 3 hari kenapa di kios bisa ditunggu..brother/sista harus paham lensa plastik itu kalau lama2 disimpan akan menguning katakan kios punya stock nah itu stock sdh disimpan berapa bulan? dengan temperatur yg terjaga mungkin bisa 6 bln..knapa optik lain harus tunggu 3 hari karena lensa fresh dari lab bandingkan kejernihan lensanya..proses lensa yg bagus di lab saja bisa makan waktu 1 hari full dri raw material sampai finish..saya tau permainan optik kios..liat buku price list resmi essilor aau hoya jepang disitu ditulis rx 3 atau rx 5 yg artinya 3 atau 5 hari kerja..jadi kalau dri pricelist resmi ada tulisan rx3 trus kios bisa ditunggu berdoa lah itu benar2 lensa yg dipesan..biasanya kios kalo lensa stock sdh lama sdh menguning itu lensa di cuci gudang murmer..bandingkan lensa lama anda dgn yg baru jernih mana? thanks sedikit pencerahan quality needs time..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment

You may use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge