5 Tempat Paling Menyenangkan di Jakarta

Saya tinggal di Jakarta sudah sejak lahir (mungkin dikurangi sekitar 10 tahun saat saya kuliah di Bandung). Kalau dibilang Jakarta kota yang menyenangkan sih nggak juga. Waktu saya masih kecil sih memang masih bisa dibilang menyenangkan. Nggak ada macet, udara masih enak, kalau ke luar rumah, masih bisa melihat langit Jakarta yang biru. Namun itu kan masa lalu. Sekarang, mau nggak mau saya harus mencoba menyukai kota ini, walau sebenarnya kota ini sudah nggak ramah lagi bagi warganya. Lagi pula, pendapatan saya sepenuhnya didapat dari kota ini. Keluarga saya pun juga di sini. Seharusnya itu menjadi alasan utama bagi saya untuk tetap menyenangi Jakarta.

Terkait dengan hal tersebut, sebagai bagian dari flashmob blogging #SemingguSatu, topik yang diangkat minggu ini adalah adakah tempat-tempat menyenangkan bagi saya di kota saya ini? Cuma diminta 5 tempat saja sih, tapi jujur saya susah banget mikirnya. Namun ini dia, 5 tempat, tanpa urutan prioritas mana yang paling menyenangkan dan mana yang tidak:

1. Pacific Place

Saat ini buat saya, tempat ini jadi semacam sentra bisnis. Paling sering ketemuan rapat ya di situ. Apalagi memang klien saya berkantor di gedung perkantoran di sebelahnya. Tempat ini paling ngelotok deh. Dari kafe ke kafe, dari restoran ke restoran, dari food court hingga kantin karyawan, kayaknya sudah hampir pernah dicoba semua. Lokasinya di tengah kota, kalau saya pulang, saya nggak perlu pusing juga. Tinggal jalan kaki ke Sudirman, naik bus yang menuju Poris Plawad atau pakai Kopaja AC. Atau pilihan lain, saya berjalan kaki menyusuri tepian Semanggi hingga Gatot Subroto, lalu naik bus ke arah Grogol dari sana.

2. Taman-taman kota

Jakarta memang nggak punya banyak taman kota, tapi bukan berarti nggak punya taman kota yang bagus. Biasanya tiap akhir minggu selalu ramai dengan warga yang entah datang dari mana saja. Saya sendiri tidak punya taman kota favorit. Namun saya suka mampir, apalagi sebulan sekali selalu ada kegiatan @piknikasik yang berpiknik di banyak taman kota secara bergantian, saya mencoba untuk selalu datang. Selain Taman Ayodya dan Taman Menteng yang memang populer, masih banyak taman-taman lain. Kalau yang sudah sempat saya datangi dan ulas, bisa cek Taman CattleyaTaman Honda TebetTaman Situ Lembang, dan yang berada di dalam mal, Central Park.

3. Kolam renang Simpruk

Saya suka berenang. Saya coba seminggu sekali untuk selalu mampir di kolam renang Simpruk. Kenapa di sini? Sejak kecil saya sudah berenang di sini. Pernah ikut pelatihan renang untuk kompetisi juga di sini. Bayar masuknya murah. Kolamnya pun bisa dibilang cukup bersih. Saya nggak terlalu suka berenang di hotel atau di tempat fitness atau semacamnya, karena nggak “nendang” akibat ukuran kolam renangnya biasanya kecil. Di Simpruk ini memang kolam renangnya berukuran olimpik, dan sering juga dipakai untuk kompetisi renang nasional. Makanya kalau saya mau berenang 800 – 1.000 meter setiap minggunya, enak banget.

4. JKT48 Theater

Sayangnya JKT48 Theater ini bisa dibilang belum permanen, namun bisa dipastikan sebulan sekali ada 3-4 kali pertunjukan grup idol JKT48. Menghibur banget, seketika bisa hilang semua beban pikiran selama menyaksikannya. Sayangnya memang agak sulit mendapatkan tiketnya setiap bulan. Butuh keberuntungan, atau kalau dalam kasus saya, butuh teman orang agency dan sponsor untuk bisa ikutan nonton di dalamnya. Tentang JKT48 Theater ini sudah pernah saya bahas di tulisan ini.

5. Bioskop

Bioskop yang manapun sebetulnya tidak masalah. Mau nonton dengan siapapun juga tidak masalah. Kalau bareng teman ramai-ramai mungkin menyenangkan kalau bisa menontonnya di FX atau Grand Indonesia. Kalau sendirian, saya lebih suka menontonnya di Hollywood KC, pada hari kerja, karena murah meriah. Biasanya saya lakukan kalau memang lagi nggak ada pekerjaan, tapi belum ingin pulang ke rumah.

Tulisan dari teman-teman blogger lainnya: SuprieAlya, dan Karmin,

6 thoughts on “5 Tempat Paling Menyenangkan di Jakarta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge