Teater JKT48

Semalam saya kembali lagi menonton teater JKT48. Kali ini teaternya (katanya) sudah tetap, dan tak akan berpindah lagi. Setelah dulu sempat berada di Pasar Festival, lalu pindah ke lantai atas Pasaraya Blok M, bulan ini pindah ke lantai 4 FX Lifestyle X’nter Sudirman. Sudah sempat nebak sih akan pindah ke sini, karena beberapa bulan lalu saat saya sedang berada di sana, sempat terdengar sayup-sayup single-single JKT48 diputar di tempat yang kini sudah berubah jadi teater. Nggak mungkin pihak pengelola FX yang memutarnya karena single-single mereka kan belum beredar umum di pasaran.

Saya nggak datang di acara pembukaan. Yang katanya sempat dihadiri oleh Harugon (Nakagawa Haruka) dan Akicha (Takajo Aki) dari AKB48 Team A. Mereka berdua memang nanti akan bergabung dengan JKT48, setelah diumumkan di konser raksasa terakhir mereka di Tokyo Dome beberapa minggu lalu. Bahkan mereka berdua katanya juga sempat muncul di pertunjukan teater JKT48 hari perdana.

Saat saya masuk pertama kali ke FX banyak banget karangan bunga dari komunitas pecinta JKT48 dan AKB48 berdatangan. Ada yang lucu, seperti karangan bunga dari fans Kaskus JKT48 dan dari Kakak-kakak Jomblo Permanen (entah harus merespon apa membaca ini).

Harugon dan Akicha di antara JKT48 saat pembukaan
Harugon dan Akicha di antara JKT48 saat pembukaan (via AKB48 Wrapup)
Harugon dan Akicha berpose di karangan bunga yang ...
Harugon dan Akicha berpose di karangan bunga yang … (via AKB48 Wrapup)

Sesampai di lantai 4, terlihat lantai itu penuh dengan ratusan cowok. Banyak yang menggelesor di sekitar teater JKT48. Ternyata show juga mendatangkan pendapatan tambahan bagi para fans. Seperti pedagang kaki lima, mereka menggelar koleksi foto-foto seri JKT48 di lantai. Pengunjung yang datang bisa bertukar foto atau membeli foto yang kurang dari koleksi mereka. Jumlahnya memenuhi setengah lantai 4 FX. Nggak tau deh nih apakah suatu waktu mereka akan ditertibkan juga, karena tentu akan mengganggu kenyamanan pengunjung yang datang ke toko-toko di sekitar teater.

Teater JKT48 di FX lantai 4
Teater JKT48 di FX lantai 4
TV yang memutar rekaman dokumentasi JKT48
TV yang memutar rekaman dokumentasi JKT48
Tukaran swags yuk (atau dijual deh boleh)
Tukaran swags yuk (atau dijual deh boleh)
Antrian pembelian swags
Antrian pembelian swags

Tiket yang sekarang berharga Rp.100.000 tidak bisa dibeli langsung. Jadwal pembelian tiket JKT48 terlebih dulu diumumkan di Twitter dan Facebook. Kita harus melakukan booking terlebih dahulu. Masa booking pun dijadwalkan hanya untuk periode tertentu untuk menonton konser hari tertentu juga. Setelah itu penyelenggara akan melakukan pemilihan acak. Saya beruntung mendapatkan email konfirmasi perolehan tiket, sementara banyak teman saya yang mencoba tidak mendapatkannya sama sekali. Email konfirmasi ini yang ditunjukkan di lokasi untuk ditukar dengan tiket sebenarnya. Pembayaran kini juga langsung dilakukan di lokasi.

Saya mendapat tiket warna biru nomor 8. Jadi 3 warna tiket: kuning, merah, dan biru, yang masing-masing dikasih nomor 1 s/d 10. Sekitar setengah jam sebelum acara dimulai, penyelenggara akan memanggil masuk pengunjung berdasarkan warna tiket. Kalau semalam, yang dipanggil warna kuning, lalu merah, lalu biru. Warna biru terakhir dipanggil, lalu kami diminta untuk antri sesuai nomor. Kelompok 1 dan 2 di paling kiri. Kelompok 3 dan 4 di sebelah kanannya, dan seterusnya. Kelompok biru lalu diminta untuk masuk ke teater, dimulai dari nomor paling besar.

Tiket saya, biru nomor 8
Tiket saya, biru nomor 8
Generasi pertama JKT48
Generasi pertama JKT48

Saya lalu masuk melewati lorong dengan foto-foto anggota JKT48 dipajang di dinding, dan memasuki teater. Ternyata ukuran teater tidak terlalu besar. Bahkan jauh lebih kecil daripada teater di Pasaraya Blok M. Ternyata berdasarkan urutan panggilan masuk tadi, meski saya menukar tiket menjelang akhir, saya malah bisa duduk di barisan paling depan sebelah kiri. Benar-benar paling depan panggung.

Sambil menunggu show dimulai saya iseng menghitung kapasitas teater. Ternyata hanya ada 180 bangku, berjejer 9 baris dikali masing-masing baris sekitar 20 bangku. Sayangnya barisan bangku ini tidak dibuat berjenjang, sehingga yang duduk di belakang tentu agak kesulitan melihat panggung. Sebelum acara mulai, ruang sisa di belakang pun dijejali oleh pengunjung yang berdiri. Kurang lebih sekitar 30 orang terlihat berjejal berdiri di belakang.

Aksi pertunjukan JKT48
Aksi pertunjukan JKT48 (via AKB48 Wrapup)
Aksi encore JKT48
Aksi encore JKT48 (via AKB48 Wrapup)

Saya sebenarnya berharap kalau show JKT48 bulan ini sudah berganti setlist, tidak lagi Pajama Drive. Apalagi beberapa lagu setlist ini sudah sempat ditayangkan di Mega Konser JKT48 di RCTI bulan lalu. Kebanyakan yang menonton show pun orang yang sama. Mereka sudah hapal urutan, chanting, dan wajah-wajah personilnya. Mungkin karena aroma teater baru, masih ada ketertarikan pengunjung untuk menontonnya. Buat saya pribadi sih, kalau bulan depan yang ditayangkan masih juga Pajama Drive, kemungkinan besar saya tidak akan menontonnya lagi. Namun itu saya loh ya. Para fans lain mungkin bisa berkata beda.

Baru kali ini saya benar-benar menatap personil JKT48 dari dekat. Melihat keringat mereka mengucur baru di 3 lagu pertama. Memperhatikan detil raut dan ekspresi wajah mereka satu persatu. Melihat personil yang mencoba mengatasi ketidaknyamanannya di atas panggung (padahal udah sering manggung ya) sambil tetap tersenyum. Mudah-mudahan sih nggak pegal ya mulutnya. Melihat saat sesi perkenalan, beberapa terlihat santai namun masih ada yang terlihat grogi. Bukan pada saat mereka saling memperkenalkan diri, namun grogi terlihat saat mereka menunggu giliran untuk mulai berkenalan.

Sesi perkenalan, Stella dan Cleo
Sesi perkenalan, Stella dan Cleo
Sesi perkenalan JKT48
Sesi perkenalan JKT48

Ini sudah keenam kalinya saya melihat sesi perkenalan JKT48 (1 kali di konser AKB48xJKT48, 3 kali di teater, 1 kali di event komik di JCC, dan 1 kali di Mega Konser RCTI), dan ternyata dialog pembuka personilnya tak juga berubah. Sesuatu yang dulu terlihat sangat lucu kini pun jadi membosankan. Mudah-mudahan saat konser berikutnya berganti setlist, ucapan perkenalan setiap personil pun juga ikut diganti biar punya variasi.

Di hari itu juga salah satu personil JKT48 berulang tahun ke-21 (iya iya muda banget). Sebelum encore, saat masa jeda, ada seorang fan yang menyeletuk memberi tahu pengunjung lainnya kalau Diasta ulang tahun. Ia mengajak pengunjung lainnya untuk memanggil nama Diasta. Kebetulan memang Diasta adalah 1 dari 6 yang hanya jadi tim pendukung di show kali ini, sehingga baru berkenalan setelah encore. Ia hanya berucap terima kasih, dan sukar berkata lebih lanjut saat ia mengenalkan dirinya.

Ulang tahun Diasta
Ulang tahun Diasta

Di akhir pertunjukan, personil JKT48 menyiapkan kue ulang tahun kejutan. Dengan diiringi lagu Namida Suprise-nya AKB48 (yang memang bertema ulang tahun), Diasta pun meniup kuenya diiringi sorakan para fans di dalam teater. Selanjutnya pengunjung pun keluar dengan tertib sambil high five dengan personil JKT48 di lorong yang menuju pintu keluar.

Kalau ada yang belum pernah lihat teater JKT48, coba mampir deh. Sepertinya jadwalnya akan lebih rutin, mengingat mereka sudah punya tempat sendiri. Mudah-mudahan pemilihan personil generasi kedua JKT48 segera dimulai, sehingga saat dibentuk tim kedua nanti, masing-masing tim bisa bergantian mengisi slot acara di teater. Meski memang belum bisa diketahui sih jadwal persisnya.

Baca juga tulisan terdahulu tentang JKT48 di sini dan sini.

Bonus: liputan pembukaan teater JKT48 di Kabar-kabari dalam 2 video berikut ini:


10 thoughts on “Teater JKT48”

    1. heh.. ini mah bukan pedofil.
      nggak ada bedanya dengan nonton teater umum, cuma personilnya masih muda.

      itu barusan gw update dengan video liputan dari Kabar-kabari. Cek video ke-2 untuk penjelasan konsepnya.

  1. Wah kak coba deh cari tau dulu ttg stage kakak mereka AKB48, setlist mereka bisa berbulan2 baru deh ganti lg sm setlist baru, bahkan stage A6 udah tahunan loh, blm ganti setlist smp sekarang, jd kynya harus sabar nunggu buat JKT48 ganti setlist yg baru

      1. Yah soalnya ga gampang bikin setlist baru ==” apalagi Aki-p harus bikin buat SKE48/NMB48 juga bukan cuma AKB48, belum lagi nanti HKT48/JKT48/SNH48, harus nyiptain belasan lagu, aransemen lagunya, kostum, blm lagi dance, jadi wajar aja sih kalo setlist di 48family bakal lama dipake sblm ganti yg baru :v

        Belum kehitung juga tugas Aki-p nyiptain single buat AKB48/SKE48/NMB48/Nogizaka46, nyiptain single buat sub-unit AKB48 macam No Name, Team Surprise, French Kiss, Warota 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge