Tertipu Juga :(

Teman-teman mohon hati-hati ya. Kejadian ini saya alami kemarin siang, yang mengakibatkan saya kehilangan DSLR + powerbank + lensa tambahan iPhone. Sudah saya ikhlaskan semua barang itu sih, cuma tetap saja masih gondok dengan para penipu itu. Mudah-mudahan mereka semua dapat karmanya saja deh.

Ceritanya begini. Kemarin siang usai nyoblos Pilkada, saya berangkat ke Kemayoran. Kebetulan seorang teman memberikan undangan untuk bisa datang ke IIMS (Indonesia International Motor Show) di hari pertama. Mau dong, masa rejeki ditolak sih. Kali ini saya berangkat membawa mobil, karena toh kemarin hari libur. Jalan cenderung kosong, sehingga nggak akan bikin saya kesal karena macet.

Mungkin ini akibat saya sendiri juga yang sudah lama tak menyetir mobil, sehingga kena dengan tipuan ini. Saat saya melewati depan Pasar Baru, seorang di atas motor lewat sambil menunjuk-nunjuk ban belakang kanan. Saya curiga, jadi saya diamkan saja. Tak lama ada motor kedua lewat, sambil menunjuk arah yang sama. Kali ini saya mulai mikir. Pengalaman saya dengan mobil juga nggak seberapa bagus. Bisa dibilang saya sering punya masalah dengan mobil saat menyetir (padahal nyetirnya jarang). Jadi, saya sempat berpikir, jangan-jangan memang mobilnya lagi?

Saya sempat minggir. Saya turun, mobil dikunci, lalu lihat ke ban belakang kanan. Tidak ada apa-apa. Meski heran, saya tetap kembali ke mobil dan berjalan.

Baru jalan beberapa meter, motor ketiga lewat dan kembali memberi aba-aba yang sama. Ia kini lebih mendekati mobil dan menunjuk ban. Di sinilah saya melakukan kesalahan. Kali ini saya minggir dan turun. Sialnya, kali ini saya teledor dan lupa mengunci pintu. Si pengemudi motor juga mendekat lalu ngajak ngobrol saya tentang sesuatu yang sempat ia lihat jatuh dari arah ban belakang kanan. Tak lama ia pun pergi.

Saya lalu berjalan mengelilingi mobil, lalu melihat pintu kiri nggak tertutup kencang. Masih belum sadar juga, saya pun kembali ke bangku mobil. Di situlah saya baru sadar ketika melihat tas kecil yang saya taruh di bangku samping depan sudah nggak ada. Aaakkh… Baru sadar kalau tadi semua adalah skema penipuan, yang sebetulnya sudah pernah saya dengar berkali-kali.

Penipuan ini dilakukan setidaknya minimal 4 orang ini (3 orang di motor yang peringatan, dan 1 orang yang mengambil dari bangku samping kiri saat kita lengah). Lokasinya di jalan raya utama. Ini di depan Pasar Baru, setelah halte bus Trans Jakarta.

Pesan saya sih kalau ada kejadian serupa seperti di atas, jangan langsung percaya. Bahkan kalau sampai ada 3 atau 5 atau bahkan 10 orang memberi informasi yang serupa. Mereka berhasil menipu kita karena mereka konsisten melakukannya, sehingga kita jadi percaya. Apapun yang terjadi, kalau memang mau mengecek kendaraan, berhentilah di tempat yang lumayan jauh dari tempat kejadian perkara.

Semoga kejadian yang menimpa saya ini, tidak terulang lagi pada teman-teman sekalian ya.. 🙂

25 thoughts on “Tertipu Juga :(”

  1. turut berduka, pit. aku pernah ngalamin hal yg sama, kurang lebih setaun yg lalu. alhamdulillah gak ada barang yg ilang, padahal aku udah turun dari mobil dan meriksa ban belakang krn ada dua motor yg nunjuk2 ke ban. pintu mobil jg gak aku kunci. entah kenapa mereka batal ngambil ransel berisi laptop di kursi sebelah sopir. mungkin karena dikira itu isinya buku atau barang2 gak berharga, bukan tas perempuan yg terlihat bagus gitu. duh, serem 😐
    venus recently posted..Gebyar BCA: Gebyar Lipat GandaMy Profile

    1. Yang lebih bahaya lagi tuh, kalau pas turun, kunci ditinggal di mobil. Bisa-bisa mobilnya yang lalu dibawa kabur. Mudah-mudahan nggak terjadi deh.

  2. Wah ini bener2 niat banget penipunya mbak.
    Saya sendiri juga mungkin akan tertipu seperti mbak klo penipunya dengan konsisten dan ulet seperti itu berkali-kali mencoba menipu kita.
    Memang harus berhati-hati sekarang di Ibukota.
    Jakarta sekarang udah ga yang namanya keamanan. Klo ga hati2 sendiri ya bakal jadi korban.

  3. turut menyesal pit 🙁
    btw, kalo gue kebalikannya. sebagai pengendara motor gue takut dituduh macem2 sama si mobil kalo ngasih tau/kode ke si mobil kalo ngeliat hal aneh; pintu ga ketutup, tutup bensin kebuka, dll .. takut dituduh aneh2
    *jakarta praduga
    snydez recently posted..kerja dan kualitasnyaMy Profile

  4. Turut berduka cita, Pit. Kemarin temanku juga kena, tapi di POM Bensin.

    Terima kasih udah mengingatkan. Penting memang info-nya nih.
    Semoga diganti rejekinya dengan yang lebih bagus ya 🙂

  5. jadi inget temen saya ke Jakarta naek taksi murah dari deket bandara, dibius pake jamu, ga sadar 2 hari, laptop + digital camera + projector hilang, informasi berharga 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge