Salingsilang yang Bikin Iri Hati

Semua pasti sudah tahu kan, kalau salingsilang.com tutup? Pengumuman resminya bisa dibaca di blognya. Meski saya sudah lama kenal dengan pendiri dan pengelolanya, tapi jangan tanya saya mengapanya ya. Lebih baik langsung tanya saja ke pengelolanya.

Pastinya sulit membuat segala banyak aktivitas yang mereka lakukan, dari mengembangkan banyak website jaringan komunitas, membuat blog yang merekap kejadian social media lokal, membuat SXIndeks, hingga menyelenggarakan event besar seperti Social Media Festival, sembari menjaga bisnis agar tetap hidup. Saya yang melihat dari luar saja selalu bingung dan bertanya-tanya, model bisnisnya bagaimana sih? Apakah melalui event? Apakah nanti melalui traffic ke website jaringan komunitas mereka? Apakah dari berjualan data di SXIndeks? Semua pertanyaan itu hingga sekarang belum juga terjawab.

Sejak awal dulu muncul Politikana, Ngerumpi, Bicara Film, dan banyak lagi lainnya, saya mencoba kontribusi sebisa saya. Menyumbang konten, dengan tujuan menjalin network di sana, meski akhirnya tidak bisa banyak juga (mengisi konten di blog sendiri saja susah hihihi..).

Dulu kala, di blog media-ide.com, saya pernah membuat ranking Facebook brand page Indonesia. Dengan keterbatasan resource (alias hanya saya sendiri), saya membuatnya dalam bentuk infografis sederhana dengan data yang terbatas pula. Menyenangkan rasanya setelah itu Enda di Salingsilang memprakarsai pembuatan direktori Facebook page lokal yang dibagi dalam beberapa kategori.

Ada sedikit keirian sih saat itu, hihihi, tapi saya melihatnya dari sisi positif saja. Direktori Facebook page lokal itu bisa jauh lebih bermanfaat bagi banyak pemerhati social media. Kita bisa melihat pertumbuhan fans setiap Facebook page itu setiap hari. Sesuatu yang kini dibuat oleh Socialbakers di luar dengan lebih baik lagi. Saya juga yakin Socialbakers mengumpulkan data Facebook Page Indonesia pun dari situs Salingsilang, karena tidak mungkin mereka bisa mengkategorikan dan mengetahui brand Indonesia tanpa ada masukan dari orang Indonesia sendiri.

Hal lain yang bikin saya senang (dan juga iri) adalah keberadaan Obrolan Langsat (Obsat) yang digelar rutin oleh Salingsilang. Sebelum itu saya dan teman-teman setiap bulannya menggelar event kopdar membahas topik berbau digital dan social media melalui FreSh. Kalau FreSh dulu cuma bisa bikin 1-2 bulan sekali, Obsat malah bisa bikin 2 kali seminggu, dengan topik yang jauh lebih beragam.

Sejak setahun belakangan ini, saya dan teman-teman di FreSh sudah tak sempat lagi mengurus event bulanan, namun saya bersyukur tempat semacam Obsat masih tetap ada. Orang online di Indonesia butuh kopdar dan bertemu muka, dan saya senang kalau Obsat bisa ada dan bertahan. Semoga dengan tutupnya Salingsilang, tidak membuat kegiatan Obsat hilang.

Hal terakhir yang juga membuat saya tambah iri adalah keberadaan salingsilang.com. Hahahaha bagaimana tidak, sejak tahun 2005 saya menulis blog media-ide.com, dan selama beberapa tahun belakangan banyak membahas kasus social media lokal. Lalu tiba-tiba salingsilang.com muncul, membahas banyak artikel dan kejadian yang terkait dengan social media lokal setiap harinya, sementara saya sendiri hanya sanggup menulis paling banyak 8 artikel sebulan (itu pun belum tentu terwujud).

Di sisi lain saya senang juga dengan keberadaan salingsilang.com. Mereka punya resource yang banyak, yang bisa memantau banyak kejadian di social media yang pastinya luput dari pengamatan saya. Dari yang penting banget sampai yang nggak penting rajin ditulis. Yang menarik juga adalah keahlian para penulisnya. Awalnya semua tulisan di salingsilang.com terasa dangkal, karena hanya berupa liputan saja. Semakin ke belakang, semakin banyak penulis yang bisa mengulas lebih dalam kejadiannya. Tulisan menjadi semakin menarik untuk diikuti.

Tahu nggak, saat saya menyusun salindia Social Media Landscape 2012 itu, yang jadi rujuakan pertama kali adalah salingsilang.com. Saya menelusuri ulang dari bulan Januari 2012 hingga tulisan terakhir, ada kejadian menarik apa yang bisa saya masukkan dalam salindia. Setelah tahu, saya lanjutkan dengan membahasnya lebih dalam, dan menerjemahkannya dalam salindia.

Sekarang semua informasi salingsilang.com dan website keluarnya sudah ditutup. Saya berterima kasih sekali untuk semua informasi dan kesempatan yang diberikan. Yang berlalu sudahlah berlalu. Pastinya akan masih banyak lagi situs informasi social media lagi yang pasti akan bermunculan. Hilangnya satu situs adalah kesempatan bagi situs lainnya untuk maju mengisi. Sekarang, apakah Anda mau ikut mengisi kekosongan itu?

17 thoughts on “Salingsilang yang Bikin Iri Hati”

  1. Saya juga dulu berusaha menulis rutin untuk Curi Pandang.. dan sama juga kaya kak pitra buat blog sendiri ajah ga konsisten hihihi.

    Well, meski salingsilang.com sudah gak eksis, tapi para penggagas dan pengembangnya masih eksis kan? πŸ™‚

    Mari kita bersalingsilang antar media pribadi dan sosial πŸ˜€ #opoiki
    Gal recently posted..Desain Baru FacebookMy Profile

    1. @Galoeh
      Betul, perkaya aja semampu kita di blog kita masing-masing. Semua orang pasti punya pengalaman beda di socmed, apalagi Galuh di dunia media, yang beda sama sekali dengan yang gw kerjakan. Kondisinya pasti beda. Perspektifnya juga pasti beda.

  2. Menyayangkan bahwa Saling Silang shutdown, tapi yang berlalu biarlah berlalu. Kita semua harus bisa move on to the next chapter. Aku juga ingin ikut mengisi. Terpikirnya sih minimal dari diri sendiri, lebih sering lagi menulis di blog, lebih sering lagi membuat konten berbobot #ejiyeh
    Kalau menurut Pitra, bagaimana?
    Natalia recently posted..New Year’s Eve in JakartaMy Profile

    1. @natalixia
      Paling enak tentu di blog sendiri. Pengalaman socmed apapun, pasti dirimu banyak makan asam garam minum air cuka di socmed, dari dunia PR sampai marcomm. Ya kalau mau jadi bintang tamu di media-ide.com, juga nggak nolak sih πŸ™‚

        1. @natalixia
          ilmu kan masalah persepsi aja, aslinya belum tentu. Si Firly (yg sekarang di ogilvy one) juga pernah nulis kok.

  3. Aku sedih, pit. Ngerumpi.com udah jadi bagian hidupku beberapa taun terakhir ini. It used to be my baby. Dan jujur aja, semua yg aku jalani dan dapatkan sekarang, berawal dari sana πŸ™

  4. πŸ™ SS itu merupakan bagian dari perkembangan socmed & digital di Indonesia, dan berkali-kali menggunakan hasil insightnya untuk banyak keperluan. Semoga semangatnya selalu ada dan terus menular ya.

    mengisi kekosongan ya, hmm, akan saya coba!
    Mari teman-teman, terus berbagi ya!
    Pandu recently posted..An Unexpected Journey (part One)My Profile

    1. @Bukik Situsnya ya media-ide.com aja. Kalo yang singkat-singkat di beritagar.com hashtag #mediaide. Kalau bikin baru, terlalu banyak yang gratisan nggak baik. :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge