Mengantri CD Single RIVER dari JKT48

Hari ini saya mencoba pengalaman baru. Sebelumnya setiap kali ada event khusus dari JKT48 di teater, saya cuma melihatnya dari jauh. Malas banget lihat antriannya. Apapun itu benefitnya.

Namun karena mengamati banyak event teaternya yang unik, kali ini saya ikutan mencoba deh, bergabung dengan para fans lainnya untuk ikut dalam antrian CD single terbaru JKT48 yang berjudul RIVER. Iming-iming yang diberikan kepada para fans yang melakukan pembelian CD di hari ini adalah tiket handshake individual untuk tanggal 1 Juni nanti.

Handshake individual? Apa itu handshake? Kenapa itu harus menjadi iming-iming yang menarik? Naaah… Ini yang luar biasa. Handshake individual pertama diadakan sekitar bulan lalu. Sebelumnya semua orang yang sudah pernah membeli CD album HEAVY ROTATION di teater (khusus di sana ya, bukan di toko-toko), juga mendapatkan form khusus. Form ini bisa ditukar dengan tiket  handshake individual pertama.

Di event handshake individual ini, setiap orang bisa mendapatkan kesempatan bersalaman dan ngobrol dengan member JKT48 selama 10 detik. HANYA 10 DETIK! Jadi kalau mau ngobrol lama, setiap fans ya harus beli CD album Heavy Rotation yang banyak. Di event yang hanya berlangsung sehari itu katanya ada 7.000 tiket handshake individual yang dipakai. Artinya, pembelian CD album HEAVY ROTATION melalui teater saja sudah mencapai 7.000 copy. Berita terakhir dari akun official JKT48, penjualan CD album di Jabodetabek saja melalui teater dan direct selling ke kota-kota mencapai 70.000 copy. Angka yang luar biasa ya?

Event hari ini sangat ramai, padat banget malahan, karena semua orang yang antri membeli CD single RIVER ini sangat berharap mendapatkan tiket handshake individual ini. Yang antri pun nggak mungkin hanya membeli 1 copy CD. Ada yang membeli 2-3 copy, atau ada teman saya yang membeli hingga 16 copy. Biasanya setelah ini, mereka akan menjual CD-nya lagi ke teman lainnya dengan lebih murah, tapi tiket handshake-nya mereka ambil sendiri.

Saking ramainya, mungkin pihak manajemen JKT48 dan pihak label HITS Record  yang menjadi penyelenggara event ini nggak menyangka antrian yang terjadi sampai separah ini. Seharusnya antrian dibuka jam 11, tapi sampai jam 12 penjualan CD tak juga dimulai. Antrian mengular sampai depan lift, depan eskalator, dan terus memanjang. Saya yakin sih orang-orang pemilik toko di depannya akan protes karena ini.

jkt48river08

jkt48river07

Fans yang datang untungnya tertib sendiri, tanpa perlu banyak diatur. Hanya sayangnya saat antrian masuk ke area luar ruang teater (depan merchandise dan depan loket), di situ area antrian yang dikasih pembatas kiri dan kanan tak menyeluruh sampai keluar. Akibatnya di sisi luar jadi berebut masuk ke dalam area yang berbatas.

Setelah agak lama, sekuriti akhirnya berteriak supaya yang anak-anak dan perempuan keluar dari antrian, dan membentuk antrian baru yang lebih manusiawi. Kebetulan saja tadi ada teman saya yang perempuan yang sudah megap-megap karena terdesak.

Saya sampai masuk persis di depan teater (tempat biasanya dilakukan pemeriksaan tiket teater) jam 14:30. Artinya saya sudah antri 3,5 jam hingga sampai titik itu.

Di dalam, setiap orang dibagikan form isian member mana yang akan ditemui untuk handshake di tanggal 1 Juni. Jadwal sudah tersedia rapih. Saya tinggal mengisi saja form-nya. Bahkan disiapkan backing board dan bolpen, supaya kami bisa mengisinya dengan mudah. Sangat membantu sekali.

Antrian pun ternyata masih berlanjut di dalam teater. Hahaha nggak berhenti-berhenti. Untungnya di dalam teater ada hiburan dari layar panggung yang memutar beragam video JKT48, termasuk yang nggak pernah diupload di YouTube-nya JKT48. Ada rekaman Mega Konser lagu Heavy Rotation satu video utuh. Ada pula teaser versi baru dari single RIVER.

Yang tak terduga adalah, pada saat itu juga diputar video resmi single RIVER utuh. Satu ruangan teater yang sempat riuh, tiba-tiba diam dan menatap ke layar. Videonya diawali dengan cerita para member Team J bersiap memasuki ruang audisi. Di dalamnya ada beberapa juri yang menatap sinis ke mereka. Lalu terdengar teriakan Kinal, “JE KE TI..” dan masuk ke sesi dance yang dimunculkan di teaser. Videonya menarik. Editingnya bagus, meski menurut saya masih agak terang ya. Di tengah-tengah dance, disisipkan cerita para member yang berlatih demi audisi. Ada pula shot-shot individual dengan latar belakang putih. Video diakhiri dengan para juri yang tersenyum dan kagum dengan performa member Team J.

jkt48river06

Sesi penjualan CD single RIVER saat saya datang terbagi dalam 5 meja. Meja paling kiri ada Ghaida dan Gaby. Meja kedua dari kiri ada Sonia dan Ayana. Meja selanjutnya ada Rena dan Kinal. Meja kedua dari kanan ada Beby dan Shania. Lalu meja terakhir di paling kanan ada Frieska dan Sonya. Saya pas datang di meja Sonia dan Ayana.

Pembelian pun selesai, dan saya persis keluar di teater jam 15:40. Artinya total lebih dari 4,5 jam saya mengantri (sarap ya?).

Lalu bagaimana dengan isi CD single RIVER? Di dalamnya ada kartu remi (trump card). Berikut ini koleksi kartu yang saya foto dari punya fans saat saling bertukar kartu pasca acara.

jkt48river05

jkt48river04

jkt48river03

Saya suka desain CD single RIVER ini. Jauh lebih bagus dibanding album HEAVY ROTATION. Sampul depan dan interiornya bagus. Yang jelek (asli jelek) adalah sampul belakangnya. Entah kenapa si desainer pakai tekstur yang malah bikin kesan kertas jadi kotor. Yang lebih lucu lagi adalah ternyata tracklist 2 dan 3 terbalik, sampai perlu lampiran revisi. Track pertama: RIVER (Team J). Track kedua: SAKURA NO SHIORI (Team J & Trainee). Track ketiga: MIRAI NO KAJITSU (Trainee).

Track SAKURA NO SHIORI khusus baru pertama kali dimunculkan di single CD ini, Warna suaranya mirip dengan versi AKB48-nya, tetap bermain di nuansa vokal. Keren!

Mungkin itu saja cerita hari ini. Sudah panjang banget ini postingannya. Oh ya, ada info kalau hingga saat saya keluar dari teater tadi, CD single RIVER yang dirilis hari ini sudah langsung terjual 3.000 copy. Wow banget ya? Semoga saja bisa terus bertahan dan meningkat setiap harinya.

Btw untuk yang belum pernah baca survei yang pernah saya bagikan di Twitter tentang JKT48 & FANS, bisa menyimaknya di tulisan saya di blog satunya.

jkt48river01

jkt48river02

11 thoughts on “Mengantri CD Single RIVER dari JKT48”

  1. Mau koreksi dikit ka, yg penjualan album HR 70k cuma penjualan di Jabodetabek, jd penjualan di Jepang, keliling2, sm di toko2 luar Jabodetabek blm keitung ^^

  2. gan itu srius?? cz sya sudh antri dr jm 11 trus pas jm 12.30 kl ga slah qt itu d bubarkan dg alasan kta’y “Penjualan CD untuk hari ini, sudah Habis, Tolong bubar.”….. gitu!!!

  3. good ar ticle 😀
    mas prita , mau nanya nih , penjualan cd versi teater masih di jual ga di teater ?
    kalo masih ada itu form handshake harus diisi disana langsung apa di rumah ?

    1. @tantyo: pitra kali. hmm gak tau juga masih atau nggak ya. form handshake langsung diisi di sana. pulang2 sudah pegang tiket handshake per individunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge