Shonichi JKT48 Trainee “Boku no Taiyou”

Hari Jumat, tanggal 18 Mei kemarin, saya kembali lagi datang ke Teater JKT48 di FX Sudirman. Kali ini saya berkesempatan untuk menonton pertunjukan perdana (shonichi) setlist kedua dari team JKT48 Trainee, yang berjudul “Boku no Taiyou (Matahari Milikku).” Tanggal yang bersejarah, karena persis setahun lalu pada tanggal yang sama, pertama kalinya team JKT48 generasi pertama (sekarang bernama Team J) menyelenggarakan teater perdananya. Saat itu masih bersifat sementara di Nyi Ageng Serang.

Sebelum setlist ini, JKT48 Trainee membawakan setlist “Pajama Drive,” yang dimulai pada tanggal 11 Januari. Setlist ini bisa dibilang sebagai setlist tempat member baru belajar. Team J juga pertama kali dulu membawakan setlist yang sama. Bahkan saat ini di Jepang sana, team AKB48 trainee saat ini pun masih membawakan setlist ini.

Setlist “Boku no Taiyou” ini pertama kali dibawakan oleh team Himawagari AKB48, team yang merupakan gabungan member dari Team A, Team K, dan Team B. Setiap membernya sebelumnya sudah terlatih perform di beragam setlist yang dibawakan oleh masing-masing team. Selanjutnya setlist “Boku no Taiyou” ini dibawakan oleh generasi muda AKB48, yakni Team 4 (catatan: Team 4 saat ini sudah dibubarkan, dan semua member-nya disisipkan masuk ke dalam 3 team AKB48 lainnya).

Seperti bisa diduga, show shonichi sangat penuh, karena fans selalu datang pada event-event yang dianggap spesial. Buat saya, menantikan pertunjukan JKT48 Trainee saat ini mengembalikan ingatan saya saat pertama kali saya menonton pertunjukan team generasi pertamanya di Pasaraya dulu. Saya sangat berharap bisa melihat sesuatu yang sama sekali baru, yang membuat saya senang, tersenyum, dan pastinya bikin kangen untuk menyaksikannya ulang.

Pengumuman selamat datang di awal teater biasanya dilakukan oleh salah satu member. Kali ini pun sama, hanya saja di akhir pengumuman ditutup oleh teriakan beramai-ramai para member di balik mic. Pertunjukan pun dimulai dengan Overture, seperti biasanya.

M1. Dreamin’ Girls

Seperti versi AKB48-nya, yang harus kuat di lagu ini adalah vokal dan tepukan tangan. Saya mencoba mengamati sejak awal, apakah para member live mic pada lagu ini. Sepertinya sih live mic ya. Hanya saja suara tepukannya masih terdengar dari rekaman minus one-nya. Bagusnya sih suatu saat nanti saat fans sudah hapal dengan lagu ini, tepukannya bisa dibantu pula oleh fans yang menonton.

Versi AKB48-nya bisa disimak di video berikut:

M2. RUN RUN RUN

Lagu yang dibawakan berubah menjadi pop yang semangat. Member JKT48 Trainee pun melakukan perform sembari melepas jaket seifuku-nya. Mulai dari sini terasa kalau dance yang dibawakan di setlist ini terlihat lebih menguras tenaga daripada setlist Pajama Drive yang mereka bawakan dulu.

Versi AKB48-nya bisa disimak di video berikut:

M3. Mirai no Kajitsu (Buah Masa Depan)

Lagu ini sudah dibawakan sebelumnya oleh member JKT48 Trainee di banyak pertunjukan TV. Lagu ini juga bisa ditemukan di single CD River yang kini sudah beredar di pasaran.

Versi AKB48-nya bisa disimak di video berikut:

Versi lagu ini saat dulu dibawakan sebagai lagu bonus di setlist Pajama Drive:

M4. Viva! Hurricane

Saat saya melihat performa mereka di sini, saya semakin takjub. Wah, ini beneran trainee? Karena apa yang mereka lakukan di panggung benar-benar luar biasa. Sudah sama sekali jauh berbeda dari dulu pertama kali saya melihat mereka membawakan setlist Pajama Drive. Beda dari sisi ekspresi, kelincahan gerak, dan semangat.

Versi AKB48-nya bisa disimak di video berikut:

Setelah lagu ini usai, mereka pun mulai memperkenalkan diri. Enam belas member JKT48 Trainee yang saat itu perform adalah: Yupi, Hanna, Lidya, Tata, Ikha, Kariin, Natalia, Yona, Naomi, Rona, Viny, Nadila, Noella, Acha, Rachel, dan Della. Tema MC yang dibawakan saat ini adalah pendapat masing-masing member tentang setlist yang mereka bawakan.

M5. Idol Nante Yobanaide (Jangan Panggil Aku Idol)

Seperti flow setlist sebelumnya, lagu-lagu berikutnya adalah unit song, alias lagu yang dibawakan oleh beberapa member saja. Unit song ini yang biasanya akan menunjukkan seberapa kuat karakter masing-masing member. Unit song pertama ini dibawakan oleh Yupi, Naomi, Kariin, dan Nadila. Lagu kali ini terdengar manis, mengingatkan akan karakter lagu Tenshi no Sippo di Pajama Drive. Yang bagi saya menarik adalah kostum cheerleader yang dipakai oleh para background dancer-nya, yang lebih manis daripada kostum yang digunakan member AKB48.

Versi AKB48-nya bisa disimak di video berikut:

M6. Boku to Juliette to Jet Coaster (Aku dan Juliette dan Jet Coaster)

Unit song ini dibawakan oleh Rona, Acha, dan Natalia. Kostum yang digunakan bertema serupa dengan versi AKB48-nya, menggunakan jas dan topi (ala detektif (kalau kata Rona sendiri saat sesi MC berikutnya).

Versi AKB48-nya bisa disimak di video berikut:

M7. Higurashi no Koi

Unit song ini dibawakan oleh dua member, yakni Ikha dan Tata. Ikha mengenakan kostum hitam dan Tata kostum putih. Entah kenapa waktu saya melihat performa Tata di unit song ini, saya suka sekali melihat ekspresinya. Terasa banget menghayati perannya di lagu ini.

Versi AKB48-nya bisa disimak di video berikut:

M8. Itoshisa no Defence (Pertahanan Cinta)

Di unit song ini Lidya, Yona, dan Noella yang berperan. Kostum yang dikenakan masih setema dengan versi AKB48, gaun hitam-hitam.

Versi AKB48-nya bisa disimak di video berikut:

M9. Himawari (Bunga Matahari)

Unit song terakhir dibawakan oleh Della, Hanna, Viny, dan Rachel. Lagu kali ini memiliki beat yang bersemangat. Kalau di AKB48 para member mengenakan kemeja santai dan celana jeans, namun tema berbeda dibawakan oleh JK48 Trainee. Mereka mengenakan gaun dengan rok pendek berwarna kuning, seperti tema lagunya sendiri yang diterjemahkan sebagai bunga matahari. Ini salah satu lagu favorit saya di setlist ini. Lagu diakhiri dengan keempat member membawakan sesi MC kedua.

Versi AKB48-nya bisa disimak di video berikut:

M10. Takeuchi Senpai (Kakak Kelasku)

Lagu ini dibawakan oleh semua member yang mengenakan seifuku berwarna pink bermotif kotak-kotak. Warna yang cerah, setidaknya dibandingkan dengan seifuku yang dikenakan member AKB48 di setlist-nya.

Versi AKB48-nya bisa disimak di video berikut:

M11. Sonna Konna Wake de (Dengan Berbagai Macam Alasan)

Para member pun membuka seifuku yang dikenakan di atas panggung. Di balik seifuku ini, mereka sudah mengenakan kostum manis berwarna putih dengan rok hijau. Sebenarnya hal ini serupa dengan yang dilakukan AKB48 di setlist mereka, dengan perbedaan di desain kostum.

Versi AKB48-nya bisa disimak di video berikut:

M12. Déjà vu

Banyaknya lagu yang dibawakan dengan dance energik membuat keringat terlihat mengocor. Rambut mulai banyak yang terlihat basah oleh keringat. Namun hebatnya, hal ini nggak mengurangi semangat dan stamina para member. Terlebih-lebih di lagu ini yang penuh dengan gerakan patah-patah.

Versi AKB48-nya bisa disimak di video berikut:

MC ketiga kali ini membawakan topik yang lebih bebas. Kali ini dibawakan oleh Acha, Noella, Kariin, Tata, Yupi, Rona, Nadila, dan Hanna. Sesi MC yang mereka bawakan sudah jauh lebih baik daripada awal-awal dulu, ketika saat mengobrol selalu suka berebutan. Kali ini mereka mulai bisa mengatur pergantian obrolan, meski ada masa terlihat masih suka berebut sih.

Yang menarik dari topik kali ini adalah mereka menyebutkan istilah-istilah yang sering disebut di Twitter terkait dengan mereka, seperti: butiran debu, siapalah saya ini, ken666erian, sasu666a, dll. Fans pun tertawa. Mereka ternyata benar-benar menyimak pembicaraan di Twitter rupanaya.

M13. Yuuhi wo Miteiruka? (Apakah Kau Melihat Matahari Senja?)

Sesi diakhir dengan Yupi mengucapkan intro untuk lagu berikutnya. Biasanya kalau di setiap aksi panggung AKB48, yang mengucapkan intro selalu member yang berbeda-beda dengan kalimat yang berbeda pula. Ucapannya lumayan panjang, dan kali ini Yupi sangat lancar sekali mengucapkannya. Saya kurang tahu apakah nanti di show-show berikutnya, intro ini akan diucapkan oleh member yang berbeda pula, seperti di AKB48. Lagu ini adalah salah satu lagu yang saya kenal pertama kali saat kenal AKB48, dan masih menjadi lagu favorit saya hingga sekarang.

Versi AKB48-nya bisa disimak di video berikut:

AKB48 pernah merilis lagu ini sebagai single di tahun 2007.

EN1. Lay down!

Setelah encore, lagu yang dibawakan langsung bikin riuh isi teater. Para member mengenakan kostum rocker. Benar-benar rocker (kenapa jadi ingat Nicky Astria zaman dulu ya?). Semua serba hitam. Ada yang mengenakan kalung berpaku, stocking sobek-sobek, terlihat sangat berbeda dengan kesan imut yang selalu tertanam di benak fans. Apalagi saat mendengar liriknya yang terdengar agak-agak nakal.

“Lay down!” di sini dalam arti sebenarnya. Sebagian member bernyanyi di depan, sementara sebagian lainnya duduk-duduk di bagian belakang panggung. Sebetulnya lagu ini cocok kalau diterapkan di panggung yang memiliki level untuk duduk-duduk di belakang, seperti yang terjadi di panggung AKB48. Sayangnya semua permukaan panggung JKT48 rata. Yang ada, akhirnya member leyeh-leyehnya di lantai.

Versi AKB48-nya bisa disimak di video berikut:

MC sesi terakhir dimulai dengan para member mengucapkan terima kasih untuk encore-nya. Sebagian member ke belakang layar, sementara sebagian lainnya mengisi sesi MC. Topik kali ini membahas tentang kostum mana yang paling disukai oleh member. Setelah mereka berpamitan, sesi MC digantikan oleh member-member lainnya yang sudah lebih dahulu ke belakang layar. Kini mereka muncul dengan kostum yang warna-warni cerah, kontras banget dengan sebelumnya.

EN2. BINGO!

Lagu ini adalah lagu yang paling ditunggu-tunggu oleh fans, karena sudah terdengar familiar lama, mengingat ini adalah single ke-6 yang dirilis AKB48, dan sering juga dibawakan mereka di konser. Versi Team Himawagari AKB48, para member hanya mengenakan kaos dengan ikat tangan, sementara versi JKT48 Trainee mereka mengenakan kostum yang warna-warni, mengingatkan akan video klip AKB48 yang berjudul sama.

Versi AKB48-nya bisa disimak di video berikut:

Lagu BINGO! ini juga pernah dirilis sebagai single oleh AKB48 pada tahun 2007.

EN3. Boku no Taiyou (Matahari Milikku)

Lagu ini menjadi penutup keseluruhan show. Para member masih mengenakan kostum yang sama. Kalau di versi teater AKB48, setiap lagu ini akan dimulai dengan letuasn confetti. Hihihi, tapi sepertinya di teater JKT48 ini tidak dimunculkan.

Versi AKB48-nya bisa disimak di video berikut:

Lagu ini pernah dirilis pula sebagai single ke-7 oleh AKB48 di tahun 2008.

Secara keseluruhan saya suka banget dengan setlist terbaru ini. Pastinya belum puas sih cuma menonton sekali (meski kebayang pasti susah banget mendapatkan kesempatan menang undian tiketnya). Percaya nggak, para member JKT48 Trainee ini hanya berlatih dan menyiapkan segalanya untuk setlist ini hanya selama 3 minggu (meski terkadang sehari latihan bisa mencapai 8-12 jam). Padahal dulu mereka butuh waktu 3 bulan hanya untuk latihan lagu Heavy Rotation saja. Pencapaian mereka benar-benar luar biasa.

Untuk teman-teman yang belum pernah menonton pertunjukan teater JKT48, kalian bisa ikut mencobanya. Caranya mampir dulu ke websitenya (http://www.jkt48.com), registrasi di sana, lalu tinggal booking show yang diinginkan. Biasanya satu hari menjelang show akan dikasih pengumuman, apakah kalian berhasil mendapat undian atau tidak. Kalau dapat, langsung datang ke teater di hari pertunjukan, sekitar 1-2 jam sebelum acara untuk menukarkannya. Untuk show Boku no Taiyou (Matahari Milikku) ini tiketnya Rp.80.000,00 untuk umum dan Rp.50.000,00 untuk perempuan dan anak-anak.

Sebagai bonus karena kalian sudah membaca tulisan saya sampai akhir, saya tampilkan beberapa foto pasca acara ya.

Shonichi JKT48 Trainee

Shonichi JKT48 Trainee

Shonichi JKT48 Trainee

Shonichi JKT48 Trainee

2 thoughts on “Shonichi JKT48 Trainee “Boku no Taiyou””

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge