Sekedar Usulan untuk Sistem Tiket Theater JKT48

Sistem tiket theater JKT48 yang menggunakan booking online sudah berlangsung beberapa bulan. Sejak saat itu rasanya.. rasanya loh ya, ada yang selalu beruntung, ada yang selalu gagal mendapatkan undian tiket. Saya sempat melihat screenshot seseorang di Twitter yang lebih dari 90% menang undian tiket selama lebih dari 20 kali booking. Beberapa orang ada yang memang mencoba mencurangi sistem dengan menggunakan identitas ganda, namun tidak orang tersebut. Ia menang undian dengan jujur.

Sebaliknya ada beberapa orang yang berulang kali booking, tapi tidak pernah menang undian. Hahaha, jujur saja saya termasuk di dalam kategori ini. Hari minggu kemarin akhirnya saya menang undian menonton setlist Boku no Taiyou setelah merasakan kalah undian sebanyak 14 kali berturut-turut. Ini adalah keberhasilan saya menonton setlist Boku no Taiyou yang ketiga. Dua kali melalui undian, dan satu kali dulu adalah show spesial Dareko no Tame ni yang menggunakan sistem pengundian manual. Saya sendiri bukan anggota OFC. Saya mengikuti undian kategori umum setiap kali melakukan proses booking tiket.

Saya tidak tahu di belakang layar mekanisme seperti apa yang dilakukan untuk proses pengundian. Apakah murni acak? Ataukah ada bobot tertentu?

Saya juga tidak tahu bagaimana pengaturan presentase jumlah penonton umum dan OFC. Apakah jatah OFC lebih banyak? Atau malah lebih sedikit? Apakah kesempatan OFC mendapatkan tiket lebih besar daripada umum saat pengacakan undian?

Beberapa pertanyaan lain yang mengganggu saya:

  • Apakah kesempatan orang lain yang belum pernah menonton suatu setlist theater JKT48 lebih besar daripada yang sudah pernah menonton?
  • Apakah kesempatan orang lain yang sudah lama tidak menonton suatu setlist theater JKT48 lebih besar daripada mereka yang baru menonton dalam 7 hari terakhir?
  • Apakah kesempatan perempuan dan anak-anak lebih besar daripada mereka yang pria dewasa?
  • Apakah kesempatan mereka yang datang dari luar negeri lebih besar daripada yang dari dalam negeri?
  • Apakah kesempatan mereka yang datang dari luar Jabodetabek lebih besar daripada yang tinggal di Jabodetabek?
  • Apakah manajemen JKT48 sudah bersikap adil dengan memastikan bahwa tidak ada fans yang melakukan registrasi ganda?

Saya yakin manajemen JKT48 pun ingin membuka kesempatan agar mereka yang belum pernah datang ke theater bisa merasakan pertunjukan keren yang disajikan oleh JKT48. Saya sempat mengajak beberapa teman saya untuk mendaftar dan booking tiket, namun mereka sampai sekarang banyak yang belum pernah mendapatkannya, padahal mereka sangat ingin merasakan suasana di dalamnya.

Saya juga yakin manajemen JKT48 pun ingin isi theater tetap ramai dengan chant mix yang umumnya lebih banyak dimengerti para fans lama. Kalau isinya terlalu banyak penonton baru pun theater terasa kurang menarik. Ini saya rasakan waktu saya mendapat undangan menonton show spesial Demi Konser JKT48 dari IM3. Agak kurang terasa “gereget”-nya karena hanya sedikit yang tahu chant mix lagu yang saat itu dibawakan JKT48.

Saya juga yakin kalau manajemen JKT48 tentu ingin theater tidak terlalu berkesan macho dengan banyaknya fans pria di theater. Langkah yang dilakukan manajemen JKT48 dengan membuat show khusus untuk perempuan dan anak-anak. Mudah-mudahan ini bisa rutin setiap bulan, atau malah mungkin bisa seminggu sekali.

Lalu bagaimana supaya keinginan di atas bisa terwujud? Apakah mekanisme pengundian acak murni sudah memadai? Apakah masih bisa diatur dengan lebih baik lagi supaya setiap segmen di atas bisa lebih terakomodasi?

Tentu saja bisa. Caranya pun sederhana. Hal yang paling awal dilakukan pastinya adalah melakukan pembersihan data ganda. Pastikan setiap orang punya satu kesempatan yang sama. Ini memang paling sulit, karena setiap orang bisa menggunakan KTP/SIM/kartu identitas lain untuk setiap email yang berbeda.

Tak ada cara lain selain memang memverifikasinya manual:

  • Nomor KTP setiap daerah punya format berbeda. Ada yang menggunakan titik, strip, garis miring, dsb. Semua tanda baca ini harus diabaikan saat pengisian, memaksa pendaftar harus mengisi angka saja.
  • Lebih baik peserta diminta untuk mengirimkan juga hasil scan atau foto dari kartu identitas. Registrasi form bisa memanfaatkan fitur webcam untuk memudahkan pendaftar. Verifikasi ini dilakukan manual memang, dengan mencocokan data yang dimasukkan dan hasil foto. Bila tidak cocok, pendaftar bisa ditolak.
  • Pengaturan filter bisa dilakukan, misalnya kalau usia sudah 18 tahun harus menggunakan KTP. Kalau di bawah 18 tahun harus kartu pelajar. Kalau warga negara asing harus passport. Jadi tidak ada kesempatan bagi setiap orang untuk punya identitas kartu ganda saat pendaftaran.

Setelah memisahkan antara proporsi kuota tiket untuk OFC dan umum, langkah berikutnya adalah menentukan bobot antara segmen penonton untuk setiap kuota. Angka pembobotan mungkin yang lebih tahu pihak manajemen JKT48, namun gambaran kasarnya, sebagai contoh bisa disimulasikan sebagai berikut:

  • Yang dari Jakarta dan sudah pernah menonton dalam 7 hari terakhir: 1
  • Yang dari Jakarta dan terakhir menonton lebih dari 7 hari terakhir: 2
  • Yang dari Jakarta dan belum pernah menonton sama sekali: 5
  • Yang datang dari luar kota dan sudah pernah menonton: 3
  • Yang datang dari luar kota dan belum pernah menonton: 6
  • Yang datang dari luar negeri dan sudah pernah menonton: 4
  • Yang datang dari luar negeri dan belum pernah menonton: 7

Pada setiap kali penarikan undian, mereka yang berasal dari Jakarta dan belum pernah menonton theater punya 5x kesempatan lebih besar daripada yang sudah pernah menonton dalam 7 hari terakhir. Atau untuk mereka yang datang dari luar negeri dan belum pernah merasakan theater mendapatkan kesempatan 7x lebih besar daripada orang Jakarta yang sudah pernah menonton.

Kalau memang mekanisme semacam ini sudah dilakukan dalam proses pengundian theater tentunya menyenangkan. Namun kalau memang ternyata belum, akanlah lebih baiknya kalau usulan seperti ini bisa diakomodasi. Berikan kesempatan lebih banyak untuk mereka yang belum pernah menonton, namun tetap jaga supaya atmosfer theater yang menjadi kekhasan tidak pula hilang.

Menurut saya, adil bukan berarti setiap orang punya kesempatan yang sama persis. Namun adil adalah memberi kesempatan lebih untuk mereka yang belum pernah merasakan, agar di akhir kisah semua orang bisa saling berbagi cerita dan pengalaman yang sama.

5 thoughts on “Sekedar Usulan untuk Sistem Tiket Theater JKT48”

  1. Setiap permasalahan dengan Business Process Reengineering dan implementasi sistem informasi baru itu kebanyakan sama di setiap situasi kalau menurut saya.

    Apakah manajemen mau mengeluarkan biaya dan memiliki komitmen?
    Apakah manajemen bisa menyakinkan stakeholder untuk menerima bisnis proses tersebut?
    Apakah change management bisa dilakukan dengan baik?

    Mau nambahin aja ni. Lebih baik kalau sistem bisa memungkinkan untuk orang yang mendapatkan verif tapi gak bisa hadir untuk membatalkan verif-nya terus bakal diberikan kepada waiting list. CMIIW

    1. apalah ini pake nama #hambaidol :))
      Isunya (semoga benar) saat ini memang sedang dalam proses transisi untuk perbaikan sistem tiket. Komitmen untuk itu sih sudah ada (lagi-lagi ini semoga benar). Makanya saya sekalian menulis ini. Siapa tau setelah dibaca, bisa ikut jadi masukan untuk sekaligus perbaikan berikutnya.

      1. Karena kita semua hanyalah #HambaIdol :))

        Semoga beneran ada komitmen dan nantinya change management bisa dijalankan dengan baik.

        btw, ada yang lebih anehnya orang yang berdomisili di jabodetabek tapi bisa ngakalin sistem jadinya bisa apply FAR.

        1. Kalau ada keluhan lain, boleh kok share aja di sini.
          Dibaca kok oleh salah seorang dari team manajemen (beneran). 🙂

          1. Inikan Jakarta, pasti banyak mahasiswa dari luar kota yang punya ktp luar kota.
            Secara teknis kan orang-orang tersebut (termasuk saya) berdomisili di jabodetabek tapi menurut sistem kan termasuk orang dari luar kota. Kalau sistem diatas diterapkan pasti orang-orang yang punya ktp luar kota tapi berdomisili di jabodetabek pasti akan sangat diuntungkan.

            PS: selalu apply GEN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge