JKT48 Team KIII

Hari Selasa, 25 Juni 2013, sekali lagi saya mendapat kesempatan menonton theater Boku no Taiyou dari para member Trainee. Ini pertama kalinya pula saya memanfaatkan kartu OFC saya dan berhasil tembus verifikasi.

Sebelumnya melalui beberapa tweet di timeline, ada issue kalau ada nada kejutan di theater malam ini. Entahlah apa. Sebagai orang yang sangat jarang dapat theater, buat saya bisa menonton saja sudah beruntung. Kejutan? Ya kita lihat saja nanti.

Hehehe, namun saya iseng sih menulis tweet seperti ini biar yang lain ikutan penasaran. Padahal namanya juga issue, kan belum tentu benar ya?

Saya nonton Boku no Taiyou seperti biasa. Dapat tiket Biru 9, mendapat panggilan Bingo di tengah-tengah, dan kembali lagi saya dapat duduk di tempat yang itu-itu lagi, di perbatasan antara biru dan hijau deretan kedua dari belakang.

Untuk live report show bisa cek juga postingnya @anakdekan di tautan ini. Di show kali ini (perasaan saya) ada yang beda dari sisi pengaturan sound system. Saat Overture kok lebih gaung dan keras ya, sampai yang chant pun nggak kedengeran. Lalu di beberapa lagu awal, sepertinya salah satu kanal audio ada yang nggak muncul, plus mic dimatikan. Jadi agak konyol melihat member terlihat menggerakkan mulut, tapi tak ada suara apapun yang terdengar.

Di akhir show 16 member yang ada di atas panggung tumben-tumbennya mengundang sisa member Trainee lain naik ke panggung. Jadi lengkap deh di panggung ada 28 member. Mereka yang tidak show saat itu naik ke panggung mengenakan kaos JKT48 merah yang biasa mereka pakai dulu saat lagu terakhir Pajama Drive.

Selanjutnya layar di belakang panggung turun, menandakan pengumuman. Layar menampilkan teaser video konser JKT48 di 5 kota yang ditutup di Jakarta. Pembelian tiket konser Jakarta bisa dilakukan pula di theater setiap harinya. Ini sih tidak ada yang baru ya, tidak bisa dibilang juga sebagai kejutan.

Lalu yang tak terduga, General Manager JKT48, Jiro, berjalan ke hadapan panggung sambil membawa kotak pos besar. Ia bergerak ke arah Rona. Rona menjulurkan tangannya untuk mengambil surat di dalamnya, namun tiba-tiba Jiro bergerak ke arah kanan menuju tempat Lidya berdiri. Jiro meminta Lidya untuk mengambil surat.

Lidya mengambil surat, membukanya, dan terlihat ekspresi cemas di wajahnya. Ia lalu berkata kalau ternyata masih ada satu pengumuman video lagi. Semua member pun terlihat menampilkan ekspresi cemas. Sudah pasti mereka tidak tahu-menahu tentang pengumuman ini.

Kembali lagi layar di belakang panggung turun. Inilah kejutan sebenarnya di show malam itu. Sebuah video kembali ditampilkan. Dari intronya, semua sudah langsung menduga apa yang terjadi. Video menceritakan tentang tanggal dibentuknya Team K dari AKB48, lalu SKE48, dan saat itu pula, tanggal 26 Juni 2013 dibentuk Team K dari JKT48!! Lebih tepatnya disebut dengan Team KIII JKT48, setelah sebelumnya Team KII dari SKE48.

Semoga saja fans HKT48 nggak kesal dan marah terhadap manajemen JKT48, karena mereka yang muncul lebih dahulu daripada JKT48 malah belum punya Team ke-2. Nama Team KIII disabet duluan oleh JKT48, dan bukan oleh HKT48.

Layar menampilkan video shuffle para member Trainee, lalu berhenti di salah satu nama, selama 18 kali. Dari total 28 member Trainee, ternyata hanya 18 orang yang dipilih masuk ke dalam Team KIII. Daftar nama-namanya bisa dilihat di website JKT48. Namun pengumuman ini belum selesai. Seharusnya langsung dipilih siapa yang akan menjadi Kapten Team KIII, namun ini belum dimunculkan. Dugaan saya, pengumuman ini akan dilakukan nanti saat konser di Jakarta.

Langsung saja panggung dipenuhi oleh para member yang menangis, berpelukan, antara bahagia karena mereka terpilih, dan sedih karena belum terpilih. Sepertinya yang belum terpilih adalah mereka yang lebih banyak menjadi member backup di setlist Boku no Taiyou. Menurut saya sendiri, ada yang sebetulnya bagus tapi tidak terpilih. Sebaliknya, ada yang menurut saya masih belum punya performa bagus, tapi terpilih. Entahlah, landasan apa yang mendasari kebijakan manajemen untuk memilih member yang masuk ke dalam Team KIII.

Sambil menangis, mereka pun berpamitan. Masih akan ada sesi handshake untuk para fans saat keluar.

Tentu saja di saat sesi handshake ini terlihat sekali ekspresi bahagia dan sedih bagi mereka yang berhasil dan tidak. Saya hanya mengucapkan selamat saja kepada mereka yang berhasil masuk ke Team KIII. Mata mereka masih merah, Viny bahkan masih menangis. Menangis bahagia tentunya karena berhasil masuk Team KIII.

Namun saat melewati Saktia (Via), yang justru terlihat keren di show saat itu, namun belum berhasil tembus masuk Team KIII, saya melihat kekecewaan yang luar biasa di wajahnya. Saya hanya bisa berucap untuk tetap semangat dan jangan bersedih. Fans-fans lain yang antri di belakang saya pun berucap hal yang sama. Berbeda dengan Novinta (Nobi) yang juga tak terpilih masuk. Meski wajahnya terlihat sedih, ia berusaha semaksimal mungkin untuk tetap tersenyum. Semangat juga ya Nobi!

Suasana handshake saat itu benar-benar berbeda rasanya dibanding hari-hari show biasanya. Sampai saya lupa titipan salam dari teman-teman saya. Lagi pula bagaimana mau titip salam, kalau kondisinya tidak memungkinkan seperti itu?

Selain show mengejutkan semalam, ada hal lainnya yang menyenangkan buat saya pribadi, yang lalu saya tweetkan semalam.

Hihihi, maaf ya kalau terdengar egois. Namun ini baru pertama kalinya ada member yang kenal saya. Jadi khusus untuk di blog ini kayaknya perlu saya catat. Oh iya, saya nggak pernah kirim-kirim fanletter atau gift atau semacamnya ya. Cuma suka mention member yang bersangkutan di Twitter saja.

Akhir kata, semoga Team KIII bisa menjadi team yang lebih baik. Masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Untuk teman-teman fans yang member favoritnya belum berhasil masuk Team KIII, mohon tetap semangati mereka. Kesempatan selalu ada, hanya butuh waktu lebih. Lagi pula, belajar untuk menjadi lebih baik tidak mengenal durasi waktu bukan?

4 thoughts on “JKT48 Team KIII”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge