Restoran Pizza di Jalan Sudirman Jogja

Salah satu hal di Jogja yang tak berubah sejak dulu adalah banyaknya spanduk dan billboard yang mengotori wajah kota. Di mana-mana terlihat iklan yang asal taruh saja. Banyak pula bangunan yang setelah dibangun justru (saya anggap) merusak wajah Jogja. Bangunan dengan fasade khas yang sebetulnya bisa membuat Jogja semakin unik dan khas, malah “dirusak” dengan bangunan modern yang malah membuat Jogja semakin mirip dengan kota-kota modern lainnya.

Kalau pemilik bangunan mungkin berpikir, semakin modern semakin keren. Kalau saya malah berpikir sebaliknya, semakin vintage semakin keren. Apalagi kalau saya melihat ada bangunan lama yang sudah beralih fungsi menjadi modern, tapi tetap bisa mempertahankan kekhasannya. Itu keren banget. Modern dan vintage jadi satu kesatuan.

Kemarin baru pertama kalinya saya mampir menjejakkan diri masuk ke restoran Pizza Hut di Jalan Sudirman Jogja. Restoran ini sebenarnya sudah lama sih, pindahan dari restoran yang sebelumnya berada di dekat monument Tugu Jogja. Yang bikin saya suka dengan restoran ini adalah bangunannya yang tetap mempertahankan bentuk aslinya. Bapak saya kemarin malah cerita, kalau bangunan ini dahulu banget adalah rumah temannya waktu kecil dulu. Entah pindah ke mana si teman sekarang.

Fasade bangunan tetap asli, dengan perbaikan di sana sini. Unsur modern yang menjadi branding Pizza Hut bisa diimplementasi menjadi bagian dari fasade. Ada modern dan ada vintage. Kalau melihat bangunan ini, jadi ingat restoran Pizza Hut serupa di daerah Senen Jakarta. Di sana, restoran ini menggunakan bangunan lama yang menjadi ekstensi mall atrium Senen.

Bagian dalam interior Pizza Hut Sudirman ini juga nggak kalah menarik. Ruang-ruang tetap dipertahankan sesuai aslinya, namun dicat modern sesuai kekhasan saat ini. Ada pula area terbuka yang memanfaatkan teras asli bangunan. Menyenangkan sekali melihat isinya.

Hmm.. seandainya semakin banyak brand besar yang berani merenovasi bangunan lama dan memanfaatkannya untuk fungsi baru tanpa merusak keasliannya, tentu wajah kota di Indonesia akan semakin baik.

3 thoughts on “Restoran Pizza di Jalan Sudirman Jogja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge