From Tugu To KM 0 Jogja

DSCF1466

Seperti biasanya setiap tahun saya berlebaran di Jogja. Selain silaturahmi dengan Eyang dan keluarga lainnya yang berada di Jogja, tentunya saya juga hunting motret ke beberapa tempat. Saya sempat mendatangi Alun-alun Selatan pada saat sore hari, Pantai Jogan yang berada di pesisir selatan Jogja, Candi Prambanan, dan tentunya Malioboro. Beberapa tempat ini sebelumnya sudah pernah saya datangi sebelumnya. Berkali-kali malahan, apalagi yang namanya Malioboro. Rumah Eyang yang berdekatan dengan Malioboro memungkinkan saya untuk mampir bolak-balik setiap hari (kalau mau).

Kali ini saya mau mencoba sesuatu yang beda, sesuatu yang pastinya lebih melelahkan buat saya sendiri. Saya ingin mencoba mendokumentasikan aktivitas di sepanjang Malioboro saat siang dan sore hari. Biar lebih panjang dan menantang, saya menambahkan jalan Mangkubumi pula (sebelum Jalan Malioboro yang terpisahkan oleh rel kereta api). Persisnya saya mulai dari Tugu Jogja yang memang sudah menjadi ikon kota ini. Rute foto saya akhiri di KM 0 Jogja, yang berada di ujung akhir Malioboro, sebelum memasuki area alun-alun.

DSCF1581

Dulu ke mana-mana saya selalu memotret menggunakan kamera DSLR Canon EOS 5D Mark II. Lumayan berat kalau dipakai untuk travelling, namun kualitasnya tidak pernah mengecewakan. Namun sejak beberapa bulan lalu saya mencoba kamera mirrorless Fujifilm X100S. Kamera yang mirip pocket ini punya kemampuan yang nggak kalah hebatnya dengan DSLR. Ringan dan praktis pula. Sangat ideal untuk yang suka motret saat travelling dan melakukan street photography.

Akhirnya dengan modal X100S yang saya tenteng terus, saya pun berjalan-jalan bolak-balik Tugu hingga KM 0 Jogja. Panjang itu loh kalau dipikir-pikir. Hahaha.. Saya melakukan aksi motret pada tanggal 31 Juli dan 1 Agustus 2014. Beberapa daerah saya lalui berulang-ulang pula. Saat sore hari saya lewati juga sebagian jalan yang sudah saya telusuri. Capek? Bangeeet. Malamnya kaki pegal parah. Tapi senang? Senang bangeeet…

Hasil foto dari X100S sudah saya set menjadi hitam putih. Hasilnya bagus. Namun tetap saja sih, biar saya merasa sreg, semua foto yang diambil ini saya edit ulang menggunakan Lightroom. Semua dibuat hitam putih versi Lightroom. Hasilnya adalah 186 foto yang bisa dicek di slideshow berikut ini.

[fshow photosetid=72157645704629339]

Versi fullscreen juga bisa dilihat langsung di galeri flickr di tautan ini.

2 thoughts on “From Tugu To KM 0 Jogja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge