Memotret JKT48

Di dunia fandom JKT48 ada yang suka disebut-sebut sebagai wotagrafer. Maksudnya, wota tapi suka motretin member saat perform. Setiap orang yang motret biasanya punya ciri khasnya sendiri-sendiri. Ada yang suka memotret fokus hanya ke oshi (member favorit)-nya. Biasanya mereka mencoba mencari momen ekspresi terbaik, meski ada juga yang tidak menuntut lebih. Sepanjang wajah oshi-nya bagus dan fokus, sudah puas. Nggak ada yang salah, kan semua tergantung preferensi dan selera masing-masing fotografer.

Saya sendiri punya preferensi sendiri saat memotret JKT48 di panggung. Saya mencoba men-treat proses pemotretan seperti saat saya memotret artis atau band umumnya di atas panggung. Saya lebih suka memotret mereka saat melakukan perform di atas panggung, mencoba menangkap momen pergerakan mereka saat dance. Sangat jarang saya memotret close up wajah member JKT48. Lebih suka merekam minimal setengah badan member yang sedang bergerak. Lebih suka lagi kalau berhasil menangkap gerakan sinkron yang dilakukan banyak member bersamaan di satu waktu.

Bila panggung yang dipakai menggunakan pencahayaan yang keren ala konser band umumnya, maka saya selalu mencoba merekam gambar saat cahaya warna-warni itu muncul lewat di belakang member. Dengan cara ini, foto terlihat lebih berwarna. Cara ini juga sangat membantu menambah pencahayaan, sehingga wajah atau badan member tidak terlalu terlihat noise.

Posisi menentukan prestasi. Sebisa mungkin sih bisa memotret di barisan terdepan. Lebih enak lagi kalau bisa memotret dari titik tengah depan panggung. Tergantung jarak, saya umumnya menggunakan lensa 24-105 mm. Namun kalau jarak saya ke panggung terlalu jauh, baru menggunakan lensa 70-300 mm. Sesekali untuk pemotretan panggung, saya suka bereksperimen memotret menggunakan lensa fisheye 8 mm. Lensa fisheye ini baru bisa saya pakai kalau posisi saya benar-benar menempel dengan panggung, demi mendapatkan foto semua member dengan sudut yang ekstrim.

Berikut saya share 6 jepretan foto dengan ulasannya.

IMG_4799

IMG_4800

Diambil saat launching Honda Jazz 2013. Para member JKT48 saat itu membawakan lagu River, dengan gerakan sinkron cepat dan penuh hentakan. Saya mengambil beberapa shot saat intro lagu, karena memang di sinilah momen terkeren saat lagu River dibawakan.

IMG_0685

Hampir semua member JKT48 berada di atas panggung saat membawakan salah satu lagu di acara Musim Panas Handshake Festival. Kebetulan saya berada di posisi paling depan. Saya mencoba merekam mereka dengan fisheye 8 mm dan memanfaatkan cahaya panggung sebagai backlight subjek pemotretan.

IMG_0646

Masih di event yang sama, saya kali ini mencoba sesuatu yang berbeda. Fokus foto kali ini adalah pada kostum Flower warna-warni yang dikenakan para member. Sesuatu yang mungkin sedikit orang lain lakukan saat memotret.

IMG_1254

IMG_1238

Foto Melody dan Nabilah ini diambil saat JKT48 perform di Java Jazz Festival 2014. Seperti layaknya sebuah event musik, tata cahaya yang ditampilkan di panggung ini sangat keren. Beberapa lampu berganti warna lewat di panggung. Saya selalu mencoba mengambil momen memotret saat lampu lewat di belakang objek pemotretan. Tujuannya supaya bisa mendapatkan gambar seperti contoh di atas.

Mungkin di lain waktu saya akan share pula contoh-contoh jepretan lainnya. Sementara ini dulu ya.

One thought on “Memotret JKT48”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge