Jambi: Rumah Batu

DSCF3254

Rumah Batu berada di daerah Seberang di Jambi. Lebih tepatnya sih di Kelurahan Olak Kemang, Kecamatan Danau Teluk, Kota Jambi. Kalau jalan kaki dari Menara Gentala Arasy sih bisa.. hehe tapi jauh juga. Jadi mending ke sananya pakai kendaraan.

Dari tepian jalan memang tidak kelihatan. Penandanya hanya papan kecil yang menunjukkan kalau ada bangunan bernama Rumah Batu yang kini menjadi salah satu cagar budaya yang dilindungi. Awalnya saya membayangkan, kalau Rumah Batu itu adalah rumah yang masih terlihat seperti rumah sebenarnya, namun setelah melihat kondisinya, rumahnya sudah mengenaskan. Entah kenapa pihak Pemda Jambi tidak merenovasinya, dengan tetap mempertahankan bentuk aslinya. Yang ada ini didiamkan saja. Jendela yang sudah banyak yang hilang. Atap banyak yang bolong. Bahkan untuk berteduh di kala hujan pun sepertinya sudah tidak memungkinkan.

DSCF3255

Menurut cerita, rumah ini dahulu adalah milik Said Idrus bin Hasan Al Djufri, atau lebih dikenal dengan sebutan Pangeran Wiro Kusumo. Ia adalah seorang keturunan Arab yang mendapat kedudukan penting di Kesultanan Jambi, hingga ia wafat di tahun 1901. Rumah itu kemudian dihuni oleh keturunannya.

Apa sih yang membuat rumah ini menjadi cagar budaya? Dari dekorasi di gerbang dan pintu masuknya memang terlihat kalau desain rumah ini merupakan perpaduan dari budaya lokal, Cina, dan Eropa. Unsur lokal berupa rumah panggung (seperti banyak rumah lainnya di daerah Seberang, Jambi). Unsur Cina terlihat dari bentuk atap, gapura, dan ornamen dinding yang berbentuk naga, awan, bunga, dan arca singa. Lalu unsur Eropa terlihat dari tiang-tiang panggung yang terbuat dari bata dan semen.

Di hadapan rumah ini terhampar area rumput yang cukup luas. Sepertinya meski rumah ini sudah terlihat mengenaskan, masih tetap menarik bila dijadikan lokasi pemotretan. Kata teman sih, memang sudah cukup banyak fotografer dan modelnya yang mengambil rumah ini sebagai lokasinya.

Koleksi seluruh foto perjalanan ke Jambi bisa dicek di galeri Flickr ini.

DSCF3260

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge