Jambi: Candi Muara Jambi

DSCF3207

Saat hari terakhir saya di Jambi, saya menyempatkan diri untuk mampir ke salah satu warisan budaya yang kini menjadi cagar budaya nasional, yakni Candi Muara Jambi. Hari itu saya diantar dua orang teman dari komunitas Sahabat Ilmu Jambi. Mumpung ada kendaraan, hahaha..

Lokasinya memang di luar kota Jambi, sekitar 30 menit dari pusat kota. Untuk Jambi 30 menit itu lumayan jauh loh. Perjalanan melewati jembatan yang menyeberangi Sungai Batanghari dan melewati beberapa perkebunan sawit.

Mungkin karena saat itu hari Senin, tidak banyak wisatawan yang berkunjung. Parkiran kendaraan terlihat kosong. Saya dikenalkan dengan seorang pengrajin batu yang memiliki bengkel di area parkir kompleks candi. Batu akik memang lagi tren ya. Si pengrajin cerita kalau ia dapat banyak order ratusan batu akik dari Jakarta.

Tiket masuk ke kompleks candi murah. Rp. 5.000,00. Hihihi tapi meski murah, saya malah dibebaskan untuk masuk. Teman saya yang di Jambi ini memang kenal banyak dengan masyarakat Jambi. Ia ternyata sering juga mengantar tamu ke berbagai tempat wisata.

DSCF3218

Jangan bayangkan Candi Muara Jambi seperti Candi Boko, Prambanan, Borobudur, atau candi-candi lainnya di Jawa ya. Mungkin sudah banyak yang tau juga, kalau candi-candi di kompleks ini bukan dibangun dengan bahan batu, tapi dengan bahan batu bata.

Saya bilang candi-candi, karena memang kompleks ini memiliki candi yang bertebaran luas di seluruh kompleksnya. Lokasi antara candi pun banyak yang berjauhan. Makanya tersedia banyak penyewaan sepeda di sana.

Karena waktu yang terbatas, saya hanya mengunjungi beberapa candi saja. Candi yang tersebar di sekitar area masuk, dan Candi Astano yang agak jauh, yang harus ditempuh sejauh 800 meter dengan berjalan kaki. Lumayan ya?

Katanya di musim hujan, di sekitar candi ini akan terlihat air mengalir di paritnya. Sayangnya, saat itu parit terlihat kering. Namun ada hal yang menarik di Candi Astano. Di sekitar candi terlihat banyak bunga kuning mekar. Langsung saja dong ini saya dokumentasikan.

Sekedar tips, kalau nanti ada di antara kalian yang mau mampir ke kompleks Candi Muara Jambi, pastikan datang sepagi mungkin. Sewa sepeda, lalu jalan-jalanlah ke seluruh kompleksnya. Kalau kata wikipedia nih, luas kompleks ini 12 km persegi, dengan panjang lebih dari 7 kilometer.

Koleksi seluruh foto perjalanan ke Jambi bisa dicek di galeri Flickr ini.

DSCF3233

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge