Memotret di Petak Sembilan

Kebiasaan setiap hari libur Imlek selama beberapa tahun belakangan ini adalah berjalan-jalan ke Petak Sembilan, Glodok, Kota, Jakarta. Setiap tahun saat Imlek, Vihara Dharma Bhakti, vihara tertua di Jakarta yang berlokasi di daerah ini selalu penuh dengan kedatangan umatnya untuk berdoa. Vihara ini juga bebas diakses oleh umum, jadi semua orang boleh masuk kapan saja.

Kalau mau mampir ke sini, kalian bisa menggunakan bus Trans Jakarta koridor 1, lalu turun di halte Glodok. Lalu berjalanlah menyeberang ke arah Jl. Gajah Mada. Ada jalan kecil masuk tak jauh dari tangga penyeberangan di halte tersebut. Lalu masuk saja terus ke dalam. Di ujung jalan akan langsung terlihat Vihara ini. Di dekat Vihara ini juga ada satu Vihara lain yang lebih kecil, yang juga ramai dikunjungi. Ada pula bangunan gereja lama Santa Maria de Fatima yang kini masih terus dipakai untuk ibadah. Uniknya, eksterior dan interior gereja ini masih kental dengan unsur etnik Cina. Kalau mau detil cerita tentang sejarah bangunan-bangunan ini, bisa baca tulisan lama teman saya di blognya.

Kalau kalian ke sini di hari raya Imlek, yang datang memenuhi lokasi memang bukan hanya mereka yang beribadah. Banyak juga kru media dan mereka yang hobi fotografi (termasuk saya). Belum lagi pekerja di Vihara yang sibuk mondar-mandir menyiapkan kebutuhan ibadah. Pesan saya sih, kalau memang niat motret di sini, jangan sampai mengganggu mereka ya.

Berikut ini beberapa foto hasil jepretan kemarin siang di Petak Sembilan. Lebih lengkapnya bisa langsung kunjungi galeri Flickr ini.

IMG_4175

IMG_4115

IMG_4130

IMG_4230

One thought on “Memotret di Petak Sembilan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge