Kategori Foto Favorit

Setiap orang punya kesukaannya sendiri saat memoret. Ada yang suka foto fashion, ada yang suka landscape, ada yang suka foto travelling, dan ada banyak macam lainnya lagi. Lalu kategori fotografi seperti apa yang saya sukai? Hihi jawabannya bisa banyak, tapi saat ini saya fokus di 3 hal ini saja:

Travelling

Setidaknya setahun sekali saya menyempatkan waktu untuk travelling. Jalan-jalan khusus untuk liburan ya, bukan untuk pekerjaan. Kenyataannya kalau jalan-jalan untuk kepentingan pekerjaan, sangat kecil kemungkinannya saya bisa memotret santai.

Tahun 2013 dan 2014 saya sempat jalan-jalan keliling Jepang bersama teman. Sementara teman lainnya murni jalan-jalan, saya sendiri memang berniat untuk memotret. Karena sering berhenti dan mengambil gambar, terkadang teman jadi ikut menunggu. Hehehe maaf ya. Pernah juga di 2012 saya berjalan-jalan ke China. Kali ini satu rombongan berisi fotografer semua yang memang punya tujuan utama memotret di beberapa lokasi di China. Untuk lokasi di nusantara, saya setiap tahun selalu ke Jogja. Saya selalu mencari lokasi baru di Jogja dan sekitarnya yang asyik untuk dijadikan objek foto. Setiap tahunnya pasti akan ada saja titik wisata baru yang menarik.

IMG_0471

Hal paling menyenangkan saat memotret kala travelling adalah selalu menemukan sesuatu yang baru. Sesuatu yang tak pernah saya temui di Jakarta, atau bahkan Indonesia. Ada kesenangan sendiri saat saya bisa memotret itu dan membaginya di media sosial. Khusus untuk wisata di Indonesia, saya malah senang bisa membagikan infonya ke banyak orang. Siapa tau saja makin banyak yang tertarik dan bisa meramaikan titik wisata tersebut.

IMG_4239

Modelling/Fashion

Setiap minggu di Jakarta hampir selalu ada event hunting motret model dengan beragam tema. Banyak info seperti ini bisa ditemukan di forum terkenal seperti fotografer.net atau di banyak group fotografi di Facebook. Biayanya beragam dari Rp.100.000 hingga Rp. 400.000, tergantung tingkat eksklusifitas dan model yang ikutan.

IMG_1492

Setiap penyelenggara event pemotretan model berupaya menampilkan hal yang unik. Kebanyakan model yang digunakan sudah profesional. Mereka sudah terbiasa berpose, berekspresi, dan membagi matanya untuk banyak fotografer yang mengelilinginya. Untuk kalian yang memang mau belajar memotret model, event seperti ini menjadi sarana baik untuk coba-coba. Kalian bisa belajar mengambil komposisi yang baik dan mengenali pose-pose yang ok untuk pemotretan.

IMG_5611

Ada juga event pemotretan model yang bersifat private. Modelnya mengenakan pakaian minim (atau bahkan mungkin tidak sama sekali, eh) dengan jumlah fotografer yang terbatas. Sayangnya event seperti ini sangat jarang dipublikasikan terbuka. Hanya bisa didapat dalam grup tertutup atau info mulut ke mulut saja.

Sebenarnya saya kurang terlalu suka memotret model seperti ini. Bukan nggak suka lihat para model berpose seksi ya, tapi saya kurang suka melihat ekspresi dan senyuman mereka yang template ala model. Tidak ada tawa. Tidak ada canda. Kurang ada cerita di dalamnya. Mungkin karena saya dan teman-teman pernah membuat photobook Re:ON Rise (kalau belum punya, silakan beli di Rakuten), yang setiap halamannya bercerita, saya kurang mendapatkan gregetnya kalau sekedar memotret model saja. Kapan-kapan saya akan cerita lebih lanjut deh tentang photobook ini.

Stage/Konser

Kategori fotografi ini yang paling sering saya lakukan belakangan ini. Yang mungkin banyak teman saya sudah tahu, saya sering banget memotret JKT48 saat mereka live performance. Di sini saya memang bergabung dalam komunitas IdolGrapherID yang sebagian besar anggotanya selalu kelihatan memotret JKT48 di manapun di Jakarta dan sekitarnya. Biasanya setelah selesai memotret, malamnya foto-foto itu langsung sudah ada yang membagikannya di media sosial.

IMG_5823

Saya sendiri tidak melulu memotret JKT48. Saya juga masih suka memotret Teenebelle, Cherrybelle, Lumina Scarlet, dan banyak lainnya. Kalau ada idol group atau band Jepang yang muncul di event Jejepangan yang kini makin banyak di Jakarta, saya coba menyempatkan untuk datang dan ikut memotret. Terakhir ini saya sempat pula datang ke Indonesian Jazz Festival demi bisa melihat dan memotret Isyana Sarasvati dan Be3. Yang belum kesampaian, tapi saya tunggu-tunggu saat ini adalah memotret aksi live Raisa.

IMG_6507

Memotret stage itu sangat menantang, bahkan menurut saya lebih menantang dibanding dua kategori di atas. Tidak semua stage disertai dengan lighting yang keren. Tidak semua stage pun memiliki podium yang tinggi. Kerumunan orang yang datang ke stage pun bisa beragam tergantung event-nya.

Paling beruntung memang kalau stage dilengkapi lighting keren ala event sekelas Java Jazz atau Indonesian Jazz Festival. Lampu di belakang artis berwarna-warni terang, namun wajah dan figur si artis masih terlihat jelas. Memotret seperti ini tidak akan membutuhkan waktu lama saat proses editing.

IMG_6407

Sayangnya lighting seperti itu tak bisa ditemui di atrium mall. Baik JKT48, Teenebelle, atau Cherrybelle sering manggung di mall. Untuk memberi kesan “keren” biasanya mall akan menambahkan lampu warna-warni yang diarahkan ke bagian depan wajah dan badan artis. Meski kelihatannya menarik kalau dilihat mata, namun lighting seperti itu bencana bagi fotografer. Warna kulit si artis akan hilang tertutup tembakan lampu. Belum tentu foto seperti ini bisa dikoreksi saat editing. Contoh seperti ini saya hadapi saat memotret JKT48 di Mall Emporium Pluit dan Cherrybelle di Pluit Junction. Beberapa foto terpaksa saya ubah menjadi hitam putih karena saya tidak berhasil mengedit warna kulitnya.

IMG_3923

Selain 3 kategori foto favorit di atas, saya juga suka memotret apapun sih. Rasanya aneh kalau dalam seminggu tidak memencet shutter kamera sama sekali. Serasa ada yang kurang. Jadi, saya selalu mencari sesuatu yang menarik untuk difoto. Bila dalam seminggu itu saya tidak menemukan subjek pemotretan yang masuk 3 kategori favorit di atas, pasti saya akan mencoba eksplorasi hal lain, misalnya: memotret mainan atau keluarga saya sendiri.

Kalau kalian sendiri, suka memotret apa saja?

 

7 thoughts on “Kategori Foto Favorit”

  1. foto maenan & foto cosplay
    sebenernya lagi tertarik buat foto daily momen cm masi bingung kamera buat candid gitu yg bagus apaan

    soalnya foto daily momen gitu kadang banyak yg bagus jadinya

    1. Kalo candid sebaiknya pake kamera yang kecil kayak pocket atau mirrorless. Kalau DSLR udah keburu ketahuan mau motret soalnya 😛

  2. Yah klo aku sendiri gk menentu harus motret apa. Yang jelas di setiap momen yang menurutku menarik sebisaku akan mengabadikan.
    Yah saat sekrg ini lebih banyak kegiatan motret dedek idol, yah bagiku itu suatu pembelajaran juga, mengabadikan objek yang bergerak dengan hasil yang baik.

    :):):)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge