Memotret di Kegelapan

Semalam saat makan-makan bareng usai event audisi Cherrybelle di Malang Town Square, ada kebutuhan untuk foto-foto dan rekaman video, karena ada yang barusan ulang tahun. Masalahnya, kita semua makan di ruang luar, dengan cahaya yang seadanya. Nggak mungkin motret dan rekam video dalam kondisi ini. Nggak akan kelihatan apa-apa. Saya sih bisa pakai flash (meski sebetulnya saya menghindari banget pakai flash). Namun tetap saja, untuk video akan butuh lampu tambahan.

Untunglah pihak pengelola bersedia meminjamkan lampu yang bisa dipasang fleksibel. Haha baguslah, jadinya nggak gelap total. Saya tetap memotret tanpa flash.

Foto-foto ini pasti akan diminta saat itu juga untuk di-share di social media. Jadi saya perlu mengantisipasi tone warnanya. Untuk lebih mengurangi warna yang terlalu jingga (yang biasanya terjadi kalau motret malam), saya set white balance di tungsten light 3200K. Biasanya sih saya selalu pakai AWB (auto white balance) lalu saya edit belakangan di Lightroom. Namun karena ini diminta cepat, dan saya nggak bawa notebook, antisipasi awal sebaiknya sudah saya lakukan di kamera. ISO saya set di 8000 dan f 4. Saya usahakan supaya masih bisa memotret di kecepatan 1/125. Untuk di social media, saya nggak terlalu memikirkan noise, karena toh nggak akan terlalu kelihatan untuk ukuran kecil. Setelah foto saya pindahkan ke ponsel, saya edit tone dan angkat sedikit warnanya menggunakan aplikasi VSCO.

Hasilnya seperti apa? Ini beberapa di antaranya.

Update: berikut ini video ulang tahun Angel Chibi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge