Mencoba Fisheye Zoom dari Tokina

Kemarin teman saya sekantor baru belanja lensa Tokina 10-17 mm f 3.5-4.5 untuk Canon. Lensa ini masuk kategori fisheye, tapi bisa di-zoom. Seperti lensa fisheye lainnya, garis lurus akan dibuat menjadi kurva. Semakin kecil angka mm-nya, semakin besar distorsinya. Teman saya beli lensa ini untuk dipakai memotret bawah air, dan memang biasanya lensa fisheye yang dipakai untuk kebutuhan itu.

IMG_20151023_071603_HDR

Saya sendiri masih punya satu lensa manual fisheye merk Samyang 8 mm. Distorsinya lebih besar lagi daripada versi Tokina. Lensa ini akhirnya jarang dipakai. Kegunaannya memang hanya untuk gimmick, dan pelengkap tambahan saat pemotretan. Aneh banget rasanya kalau saya pakai untuk memotret rutin sehari-hari.

Biasanya lensa fisheye kurang cocok untuk kamera full frame. Pasti akan terlihat vignette di sudut-sudutnya. Biasanya akan saya crop hasil fotonya saat pengeditan. Untuk lensa Tokina 10-17 mm sendiri, ketika dipakai di kamera full frame, di putaran 10 mm vignette akan terlihat, namun saat di 17 mm vignette akan hilang.  Saat di 17 mm, f maksimal hanya bisa di 4.5, sehingga kurang pas bila dipakai untuk memotret di dalam ruangan yang agak gelap.

Berikut ini foto-foto Aya Anjani saat perform di Master Gaming Series 2015 kemarin yang menggunakan lensa fisheye Tokina di atas. Kalau mau lihat foto-foto Aya lainnya (yang tidak melulu fisheye), bisa dicek di album Flickr ini.

IMG_8653

IMG_8658

IMG_8695

IMG_8656

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge