Indonesia Comic Con

Hari Sabtu dan Minggu kemarin ada perhelatan besar di JCC, di mana para pelaku dunia komik, karakter, mainan, cosplay berkumpul. Event Indonesia Comic Con ini pertama kalinya diadakan di Jakarta. Akhir September kemarin juga ada event bernama mirip, Jakarta Comic Con, dengan penyelenggara yang berbeda.

Hari pertama saya datang sekitar pukul 13:00 siang. Antrian pembelian tiket terlihat cukup panjang, namun ternyata saya tidak perlu mengantri lama. Selain dibeli di tempat, tiket katanya dijual pula di Indomaret dan Kiostix. Sayangnya saat saya mencoba datang ke Indomaret dekat rumah sebelumnya, nama event Indonesia Comic Con tidak muncul di data di kasir. Hmm, entah apakah ini terjadi di lokal dekat rumah atau berlaku untuk setiap cabang Indomaret.

Setelah membeli tiket, ternyata untuk masuk pun harus kembali mengantri untuk pengecekan. Tepat banget saya masuk ke dalam ruangan ketika bintang tamu Kenji Ohba muncul di panggung utama. Beliau adalah pahlawan saya waktu kecil dulu, saat era video bajakan Betamax mudah disewa di mana-mana. Kenji Ohba adalah pemain utama Uchu Keiji Gavan yang populer di tahun 1980-an. Di panggung, Kenji bercerita tentang pengalaman hidupnya menjadi beragam tokoh hero di banyak serial Jepang. Beliau juga memamerkan gerakan perubahan menjadi Gavan, yang sering saya ikuti dulu waktu kecil.

IMG_0271-0273


Usai acara di panggung utama, saya pun berkeliling dan melihat-lihat. Tidak ada niat saya untuk membeli. Cukup melihat-lihat dan memotret saja. Banyak mainan keren yang membuat saya menatapnya lama, memperhatikan detilnya, lalu memotretnya. Banyak kreator lokal yang jago-jago ya sekarang.

IMG_0290

IMG_0305

Salah satu booth besar yang menjadi alasan utama saya datang ke acara ini adalah booth re:ON Comics. Majalah komik yang terbit sebulan sekali ini makin keren aja isinya. Di edisi terbaru ini, karakter Faint★Star, duo pop dari Jepang, ikut muncul di tiga halaman pertama. Khusus untuk Faint★Star, komik ditampilkan dalam format warna. Rencananya, komik ini akan muncul terus hingga 10 edisi. Label produksi dari Faint★Star ini memang lagi gencar-gencarnya berpromosi di Indonesia, termasuk dengan cara memasang iklan yang dikomunikasikan dengan halus di halaman-halaman depan re:ON Comics.

IMG_0340

Jatah panggung utama diberikan ke re:ON Comics sore hari. Acara dimulai dengan Franzeska Edelyn (yang cosplay sebagai karakter Reon) menyanyikan lagu soundtrack re:ON Comics. Acara dilanjutkan dengan para punggawa majalah komik ini bercerita tentang cerita komik baru yang akan muncul dalam re:ON Comics edisi mendatang. Di sini saya baru tau kalau ada beberapa cerita komik dari re:ON Comic yang kini diadaptasi dalam bahasa Jepang untuk didistribusikan di sana.

IMG_0351

Acara di panggung utama berlanjut dengan Faint★Star menyanyikan 3 lagu beturut-turut. Di antara pengunjung yang menonton, saya melihat 2 orang Indonesia dan 1 orang Jepang yang selalu ada setiap kali Faint★Star perform. Mereka memang fans loyal. Yang dari Jepang malah suka membagikan CD album Faint★Star ke teman-teman saya (nggak tau dia punya berapa banyak CD). Untuk sebuah grup yang datang dari Jepang, Faint★Star terbilang sangat rajin ya ke Indonesia. Pasar yang bagus menurut mereka kayaknya. Usai Faint★Star perform, saya langsung pulang, meski masih ada acara lainnya di panggung utama.

IMG_0405

IMG_0394

IMG_0433

Berikut ini ada video highlight hari pertama Indonesia Comic Con yang dibuat oleh teman saya, Nic.

Saya baru datang sore hari pada hari kedua Indonesia Comic Con, dan terpaksa melewatkan meet and greet dengan Teenebelle di booth re:ON Comics. Ternyata selain Faint★Star, majalah komik re:ON Comics juga sedang berkolaborasi dengan CBM Entertainment, yang menaungi manajemen Cherrybelle, Teenebelle, dan Stella Cornelia. Grup Teenebelle yang beranggotakan 9 cewek usia 13-19 tahun ini juga akan muncul dalam re:ON Comics di edisi-edisi mendatang. Menarik juga melihat manajemen artis komik lokal dan manajemen artis musik lokal bisa bekerja sama seperti ini. Semoga saja bisa memperluas segmen pasar masing-masing, dan bisa sukses juga secara komersial.

Teenebelle ikut mengisi panggung utama pukul 19:00. Mereka membawakan 4 lagu mereka sendiri dan 1 lagu Jepang, Moon Pride dari Momoiro Clover Z. Lagu Moon Pride ini terakhir mereka bawakan saat event HK Fest bulan Juni lalu. Kostum yang dikenakan Teenebelle kali ini pun sedikit berbeda dengan sebelumnya, karena khusus event ini, mereka mengenakan kostum yang ada unsur yukata di dalamnya.

Respon pengunjung ternyata sangat baik. Sepertinya memang banyak dari mereka yang belum pernah lihat Teenebelle sebelumnya, dan melihat mereka sebagai sesuatu yang baru. Hanya sayangnya, sound sedikit bermasalah saat awal lagu, karena volume mic yang kecil. Untuk yang masih mau melihat Teenebelle, mereka masih akan perform hari Sabtu besok di event Japan Festival 2015 di Bintaro Jaya Xchange. Coba sempetin datang dan lihat deh, mumpung akses ke lokasi itu nggak susah.

IMG_0836

IMG_0892

IMG_0935

Usai sudah event Indonesia Comic Con selama dua hari ini. Semoga event ini masih akan terus ada di tahun depan. Hanya saja perlu ada keunikan khusus yang bisa membedakan acara ini dengan Jakarta Comic Con, Hellofest, atau bahkan event serupa lainnya. Kalau sekarang, nama memang bisa berbeda, tapi isinya ternyata nggak jauh berbeda.

Album foto Flickr Indonesia Comic Con bisa dicek di sini ya!

3 thoughts on “Indonesia Comic Con”

  1. looking forward to seeing more of Faint Star!Belum sempat lihat performancenya meskipun gaungnya sudah kedengaran di beberapa event.
    Sepertinya tahun ini dunia peridolan Indonesia cukup menarik, masuknya idol-idol Happy Kingdom, revitalisasi Cherrybelle, dan makin bersinarnya Teenbelle membuat dunia idol tidak lagi didominasi JKT48 yang sepertinya makin monoton.

    Para cosplayer Re:ON juga menarik kalau akhirnya masuk membentuk idol group hehe
    antonjunior recently posted..Negicco – “Hikari no Spur” with English SubMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge