Lebih Suka Lihat Foto Siapa?

Sore dua hari lalu saya bikin poll di Twitter melalui akun @anakcerdas, akun yang selalu saya pakai untuk berbagi foto idol. Sepanjang sejarah saya motret idol, bisa saya kategorikan menjadi 4 macam: Cherrybelle, Teenebelle, JKT48, dan para idol indie yang biasanya perform di event Jejepangan. Pokoknya sepanjang waktunya sempat, dan lokasinya mudah diakses, akan saya usahakan untuk datang.

Lalu bagaimana hasilnya? Hahaha ternyata mayoritas yang mengikuti akun saya itu masih kebanyakan fans JKT48.

Herannya, meski JKT48 mendominasi, yang mampir ke notifikasi untuk melakukan retweet atau likes untuk foto JKT48 tidak terlalu banyak. Masih lebih banyakfans Cherrybelle dan Teenebelle yang kebanyakan suka menambahkannya dengan berbagai komentar.

Idol Indie

Idol indie memang tidak banyak, dan kebanyakan mereka perform di event berbau Jepang. Bagusnya, kini hampir setiap minggu ada event berbau Jepang. Apalagi di Jakarta, bisa 2-3 event berbarengan setiap minggunya. Untuk grup, saya memang paling sering memotret Lumina Scarlet dari Bandung, karena memang grup ini yang paling sering muncul perform di event Jakarta. Meski indie, semangat mereka untuk terus maju luar biasa. Fans loyal mereka pun ikut ke mana pun mereka perform. Selain Lumina Scarlet, ada pula Kirari, Wish, Ministry of Idol, namun sayangnya mereka tidak terlalu sering perform di Jakarta.

Untuk penyanyi solo, yang saya ikuti sekarang ini adalah Rica Leyona, Aya Anjani, dan Yumi. Saya juga sering datang untuk memotret Rachel Florencia dan Marthina Meliana (dari Happy Kingdom). Iya ya, ternyata semuanya cewek (nggak apa-apa dong).

IMG_2710

IMG_5867

IMG_5402

IMG_5933

JKT48

Pas banget hari ini adalah ulang tahun grup ini yang ke-4, terhitung sejak kemunculan mereka pertama kali di parkiran. Saya baru memotret sejak event Popcon Asia, 29 Juni 2012. Dulu juga saya tidak terlalu sering datang melihat dan memotret acara live, setidaknya bila dibandingkan selama tahun 2014-2015 ya. Hingga saat ini fotografer yang suka memotret JKT48 sudah sangat banyak. Saking banyaknya hingga untuk beberapa event, jumlah yang memotret bisa lebih banyak daripada yang sekedar datang untuk menonton.

Saya sendiri sudah mulai jenuh dengan ini. Sudah semakin jarang menonton ke theater. Kalau pun memotret di event live, saya juga pilih-pilih. Bila tidak ada sesuatu yang baru, maka saya cenderung memilih untuk tidak datang. Terlepas dari kejenuhan, saya akui saya banyak belajar memotret stage sejak saya memotret JKT48. Saya bisa menyimpulkan, kalau kamu sudah bisa memotret mereka dengan baik (nggak asal jepret demi sekedar mencari perhatian mereka ya), maka niscaya kamu bisa memotret siapapun di atas stage dengan baik pula.

IMG_6171

IMG_5537

Teenebelle

Berkenalan dengan grup lain di luar JKT48 akan membuka wawasan baru. Mengenal karakter fans baru, dan bisa mengetahui potensi pasar yang berbeda. Manajemen Teenebelle dikelola oleh CBM, satu bendera dengan Cherrybelle, namun dengan segmen yang lebih muda. Seringnya saya memotret Teenebelle di tahun 2015 kemarin membawa saya berkenalan dengan orang-orang keren di baliknya. Saya bisa mengenal karakteristik manajemen artis yang bisa 180 derajat berbeda dengan manajemen JKT48. Yang di sini sangat terbuka, sementara di JKT48 semuanya serba tertutup. Hubungan antara manajemen, artis, dan fans yang dekat ini yang membuat saya semakin penasaran untuk mengikuti aktivitasnya terus-menerus.

Di luar perform live, saya sempat pernah diajak pula untuk melihat Teenebelle saat shooting TVC produk susu. Kesempatan langka ya? Saya banyak memotret mereka, meski hanya beberapa foto yang bisa saya bagikan ke umum. Nanti tunggu saja kalau TVC-nya sudah rilis, pasti akan saya share lebih banyak lagi.

_MG_7470

IMG_2369

Cherrybelle

Jujur saja dulu saya tidak tertarik untuk memotret grup ini. Pertama kalinya memotret mereka adalah saat Countdown Asia Festival. Itu pun saya foto karena saya habis memotret grup Jepang, Kamen Joshi, yang berada di panggung sama. Nggak menyangka juga kalau saat itu adalah aksi panggung mereka terakhir di formasi lama. Saya baru mulai mengenal Cherrybelle sesungguhnya saat mereka tinggal bertiga. Saat itu pula saya diminta pihak CBM untuk membantu bikin dokumentasi foto selama audisi mencari member baru di 9 kota.

Kedekatan emosional sejak saya ikut berkeliling ke banyak kota membuat saya sekarang sering datang ke event live Cherrybelle. Mereka kini punya 7 member baru, yang sebelumnya bukan siapa-siapa, tapi punya beban moral mengisi nama Cherrybelle yang sudah dikenal umum. Kemampuan vokal mereka luar biasa, namun mereka masih perlu mengejar di sisi koreografi. Namun saya yakin, dalam 6 bulan nama mereka akan semakin dikenal publik. Nama Cherrybelle bisa kembali naik lagi seperti dulu.

_MG_7876

IMG_3932

Sebenarnya, apapun jawaban poll di atas, tidak akan mengubah kebiasaan saya untuk memotret yang saya suka. Namun ada prinsip yang selalu saya pegang sejak dulu. Dengan foto saya berniat mengenalkan yang belum terkenal, membuat yang belum ada nama jadi lebih dikenal namanya. Senang sih kalau akhirnya ternyata ada fans yang tergerak untuk mencoba lihat atau menonton sebuah grup, karena sebelumnya melihat foto-foto yang saya share di Twitter dan Flickr. Hahaha doakan semoga saya bisa terus aktif memotret ya!

2 thoughts on “Lebih Suka Lihat Foto Siapa?”

  1. Foto2 mas Pitra kurang bagus sih dibanding wotagrapher lain jd jarang yg ngelike.. selain itu yg motret chibi jumlahnya bisa dihitung sama jari, jd seneng bgt mereka klo ada yg motret chibi walau hasilnya kurang bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge