#MotretIdol

Beberapa hari lalu saya mendapat badge dari wordpress.com kalau saya sudah 8 tahun sejak saya mendaftarkan id saya di sana (meski saya sebenarnya sudah ngeblog sejak Juli 2005). Orang-orang dulu banyak mengenal saya karena blog media-ide.com yang membahas seputar dunia kreatif dan social media. Hahaha jangan dicek blognya, sekarang sudah nggak pernah di-update lagi.

Sejak 2013 saya melihat sudah makin banyak praktisi digital dan social media. Banyak dari mereka yang lebih banyak punya ilmu dibanding saya. Lebih baik menyediakan tempat buat mereka bertanya dan berbagi. Makanya untuk topik social media, saya sudah jarang (baca: malas) menulis. lebih cenderung mengajak mereka untuk bergabung di Facebook Group Social Media Strategist Club saja. Hahaha biar “memaksa” mereka yang pintar-pintar untuk mau berbagi.

Saya sempat vakum ngeblog karena saya bingung mencari tema baru, di luar dunia social media. Hingga akhirnya saya kepikiran untuk mengembangkan kembali blog personal saya ini saja, namun dengan topik yang saya suka dan saya jalani setiap minggunya, memotret stage. Seperti teman-teman tahu, sudah lebih dari 3 tahun saya suka memotret stage, khususnya idol. Blog ini pun saya benahi, saya rapihkan kembali kategori dan tag. Saya rapihkan juga semua konten foto saya di Flickr. Instagram saya yang sudah vakum lama pun saya hidupkan kembali, dengan fokus foto-foto yang saya anggap terbaik saat memotret.

Sempat ngobrol dengan Alex @aMrazing di Twitter mengenai konten Instagram, dan dia menyarankan saya untuk pakai hashtag #motretidol saja, karena toh memang saya sukanya memotret idol. Hashtag ini masih saya pakai terus di Instagram. Jangan berpikir sempit kalau kata “idol” itu harus JKT48 ya. Itu hanya bahasa marketing mereka saja. Buat saya, “idol” itu ya idola, artinya bisa siapa saja yang memang saya sukai.


Kemarin Alex di Twitter sempat membahas tentang brand personality di social media. Singkatnya, manfaatkan sesuatu yang memang kita suka dan kita jalani, untuk dijadikan karakteristik konten kita di social media. Lebih mudah dan lebih natural rasanya, daripada membuat-buat karakter baru yang belum tentu cocok dengan kita sendiri. Nanti malah terasa palsunya.

Saya sendiri nggak melulu motret stage dan idol sebetulnya. Saya juga masih suka jalan-jalan travelling, namun sayangnya memang nggak sering. Kalau saya harus menunggu kesempatan jalan-jalan, saya bisa cepat kehabisan konten untuk saya bagi di social media. Akhirnya saya putuskan untuk lebih banyak membahas foto stage, khususnya idol saja, karena untuk konten ini, saya bisa hampir selalu dapatkan setiap minggu. Di Jakarta ini nggak akan kehabisan acara musik buat didatengin dan difoto kok. Tinggal pilih saja setiap akhir pekan, mau jalan ke event yang mana.

Lalu dari mana saya mendapatkan info event? Dari Twitter tentunya. Kalau kalian mau, subscribe list saya ini saja. Atau kalian bisa follow akun official dari artis dan fanbase artis yang kalian suka. Pasti mereka akan menginformasikan event live-nya menjelang akhir pekan.

Saat kita fokus mengerjakan sesuatu, rejeki akan datang dengan sendirinya. Itu yang (hampir) selalu saya alami sejak saya ngeblog pertama kali. Perjalanan saya memotret pun akhirnya mengenalkan saya dengan banyak teman. Saya bersama dua teman tahun lalu pun diminta untuk membuat sebuah photobook untuk re:ON. Silakan loh kalau mau order, bisa ke tautan ini. Di akhir tahun 2015 ini saya juga membantu pengerjaan photobook yang menampilkan kegiatan sebuah girl band. Tunggu saja infonya ya!

Jadi saran saya, tetap lakukan hal yang kalian senangi sekarang. Kerjakan lebih fokus, dan seringlah menceritakannya di social media. Niscaya brand personality kalan akan terbentuk dengan sendirinya. Mulailah sejak sekarang karena agar brand personality itu bisa dikenal banyak orang akan butuh waktu yang nggak sebentar.

Bonus: 15 foto stage pilihan sejak 2013 (dulu masih kebanyakan JKT48 tapi ya).

IMG_3145

IMG_7268

IMG_9622

IMG_4800

IMG_9439

IMG_9762

IMG_5240

IMG_1944

IMG_0706

IMG_1304

IMG_1104

IMG_0001

IMG_2417

IMG_9717

IMG_5204

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge