Menghitung Shutter Count Canon

Setiap kamera ada umurnya. Setiap mekanik dalam sebuah benda pasti akan berhenti berfungsi di suatu hari. Sama juga dengan kamera. Usia hidup sebuah kamera bisa dihitung dari jumlah shutter yang sudah dijepretkan. Untuk yang aktif memotret atau suka bikin time lapse, ada baiknya sekali-sekali coba cek sudah berapa kali shutter kamera dijepretkan.

Untuk pengguna Canon ada beberapa aplikasi gratis yang bisa dipakai. Namun untuk kamera Canon 1 digit agak repot, karena ternyata kebanyakan aplikasi gratis ini tidak bisa mendeteksi angka shutter terakhir yang dipakai. Saya pengguna Canon 5D Mark II, dan tools berbasis Windows ini yang sudah saya sempat coba:

1. Camera Shutter Count

Aplikasi berbasis web ini meminta saya untuk mengunggah file JPG jepretan terakhir dari kamera. Nantinya aplikasi ini akan mengeluarkan angkanya, karena biasanya angka ini akan ditanam oleh kamera dalam meta data file JPG. Sayangnya hasil file JPG dari Canon 5D Mark II tidak menyimpan data tersebut. Artinya, saya tidak berhasil mendapatkan angka shutter terakhir.

2. EOSCount

Untuk menggunakan aplikasi ini, saya harus menggunakan browser Internet Explorer, tidak bisa menggunakan Chrome, Firefox, atau Edge. Nantinya web akan meminta saya mengunduh satu file ActiveX. Sayangnya, saya tidak berhasil menginstal file ActiveX ini, sehingga saya gagal mencoba aplikasi ini.

3. EOSInfo

Aplikasi ini berbasis desktop, khusus untuk Windows saja. Instal saja aplikasinya seperti biasa. Lalu saya diminta untuk mencolokkan kamera ke komputer. Selanjutnya aplikasi akan membaca langsung firmware dari kamera. Akhirnya, saya pun bisa mendapatkan informasi yang saya inginkan, jumlah shutter yang sudah saya jepretan. Huh, agak mengagetkan juga, ternyata sudah lebih dari 156.000 jepretan.

eosinfo2

Lalu di angka berapa akhirnya kamera mendekati ajalnya? Tidak ada informasi yang pasti, karena katanya semua tergantung cara kita merawat kamera. Namun sebagai gambaran, kalian bisa cek situs ini. Di sini terkumpul database pengguna kamera yang sudah berakhir ajalnya. Silakan klik saja merk kamera yang biasa kalian pakai. Untuk kamera yang saya gunakan, berikut ini statistiknya. Katanya, rata-rata mati setelah shutter ke-149.129.

canon_eos5d_shutter_life

Waduh.. gawat juga ya. Berarti bisa saja dalam waktu dekat, kamera saya tiba-tiba tidak berfungsi lagi shutter-nya. Lalu jadi mikir panjang… 🙁

One thought on “Menghitung Shutter Count Canon”

  1. Kami pernah alami seperti hal tsb om, kamera tiba2 tidak bisa take gambar lagi.. akhir nya kami bawa ke service centre Canon,jadi seperti di reboot lagi ke nol.. jadi sekarang kamera sudah fungsi lagi… coba ajj kontak ke SC Canon (saya waktu itu ke SC resmi Canon di daerah mangga dua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge