Lagu Jepang Didangdutin

Kalian pasti sudah pernah dengar tentang unit dangdutnya JKT48 kan? Empat member JKT48 yang terdiri dari Dhike, Naomi, Chikarina, dengan Sendy sebagai pemimpinnya, sudah sejak beberapa bulan terakhir ini membawakan lagu JKT48 versi dangdut.

Aneh? Entahlah. Kelihatannya memang manajemen JKT48 sedang eksperimen mencoba menyasar segmen baru. Sendy sendiri sebelum di JKT48 memang sudah pernah merilis lagu berirama dangdut. Passion-nya memang di dangdut. Ketika unit dangdut ini mulai ada, seperti ada penyaluran baru bagi dirinya.

_MG_9181

Lagu-lagu dangdut ini awalnya hanya dibawakan di event yang diadakan oleh JKT48 sendiri. Lalu mereka mulai masuk menjadi bintang tamu di beberapa program dangdut di televisi. Saat itu lagu Halloween Night versi dangdut yang sering mereka bawakan. Lucunya, versi utama dari lagu ini, yang dibawakan oleh 16 member utama JKT48 malah jarang muncul di televisi. Sepertinya lagu dangdut lebih potensial masuk televisi dibandingkan lagu berirama Jepang yang sering mereka bawakan.

Hari Minggu kemarin, untuk pertama kalinya unit dangdut JKT48 melakukan live performance di luar kandang. Mereka menjadi bintang utama event Tenshi no Matsuri di Bandung. Event Jejepangan memang sudah lumrah diadakan di Bandung. Umumnya yang perform adalah para idol lokal kota itu. Baru kali ini JKT48 masuk di segmen seperti ini. Bisa jadi ini sekalian sebagai sarana uji coba unit dangdut di lapangan.

_MG_9315
Naomi

_MG_9199
Dhike

Massa yang datang tetaplah para fans pecinta JKT48 dan pecinta Jejepangan pada umumnya (alias tidak bersinggungan dengan segmen penyuka dangdut). Fans di manapun pastinya tetap mendukung grup favoritnya, meskipun nuansa lagu yang dibawakan berbeda dengan lagu yang biasa mereka dengar. Mereka tetap senang dan terhibur saat 7 lagu dangdut dibawakan berturut-turut. Bila manajemen JKT48 memang berniat eksplorasi segmen pasar baru, semoga di kesempatan berikutnya, unit dangdut ini berani muncul di event-event pesta rakyat, yang telinga pengunjungnya akrab dengan musik dangdut.

Yang saya suka saat melihat penampilan mereka berempat adalah, mereka berani membawakan semua lagu dengan minus one. Semua menyanyikan live tanpa lipsync sama sekali (seperti yang biasanya JKT48 lakukan saat live). Mereka terlihat seperti musisi yang manusia. Ada break jeda per dua lagu, yang memberi kesempatan mereka untuk minum dan mengajak ngobrol penonton. Kalau kalian pernah melihat JKT48 di atas panggung, kalian nggak akan pernah lihat mereka minum, karena energi mereka lebih banyak dihabiskan untuk dance, dibandingkan suara.

_MG_9233
Chikarina

_MG_9197
Sendy

Mereka membawakan 5 lagu sendiri yang diaransemen ulang dangdut, dan 2 lagu dangdut Indonesia populer. Berikut ini track lagu yang mereka bawakan:
1. Halloween Night
2. 108
3. Kopi Dangdut
4. Heavy Rotation
5. Sambalado
6. Kissushite son shichatta
7. Koisuru Fortune Cookie.

Saya masih menunggu gebrakan selanjutnya dari 4 member unit dangdut ini. Apakah manajemen berani menerjunkan mereka di event yang bernuansa berbeda, ataukah masih mau bermain aman seperti sekarang?

_MG_9326

Galeri lengkap JKT48 unit dangdut di Tenshi no Matsuri bisa dicek di album Flickr ini.

2 thoughts on “Lagu Jepang Didangdutin”

  1. kalau bisa, saat ada event di jepang nanti, lagu versi dangdut pantas di bawakan, siapa tau fans di sana juga menyukai-nya,
    dan secara tidak langsung nama dangdut pun akan terangkat dengan sendiri-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge