Launching Iklan Pariwisata Indonesia di Bioskop

Kemarin pagi saya sudah ada di fX Sudirman. Bukan, bukan ke lantai 4 (sudah lama banget sejak mampir ke sana sebetulnya). Saya langsung menuju Cinemaxx Theater di lantai 7. Meski ke bioskop, tujuan kedatangan saya bukanlah untuk menonton premiere suatu film.

Adalah suatu hal baru, datang ke bioskop untuk melihat penayangan perdana iklan Pesona Indonesia. Iya, iklan. Bukan film. Iklan promosi terbaru wisata Indonesia ini nantinya akan tayang di 55 bioskop di 14 kota besar di Indonesia.


Acara dimulai dengan sambutan dan tanya jawab dengan Menteri Pariwisata, Bapak Yahya Arief. Beliau didampingi para selebriti, cewek semua dong. Ada Pevita Pearce, Andien, Marcella Zalianty, dan 3 member JKT48: Melody, Kinal, dan Haruka. Ada juga Amrit Punjabi ikut hadir di sana. Baik Pevita maupun Amrit hadir dalam kapasitasnya sebagai artis dan produser film “Aach Aku Jatuh Cinta” yang filmnya akan diputar usai penayangan iklan promosi wisata nanti.

Pak Yahya Arief cerita kalau posisi Indonesia, dari 141 negara branding “Wonderful Indonesia” tidak masuk ranking. Setelah melakukan promosi gencar, di tahun 2015 “Wonderful Indonesia” melompat ke ranking 47, mengalahkan “Amazing Thailand” (ranking 89) dan “Truly Asia” milik Malaysia (ranking 96).

Strateginya, dengan melalui: paid media (TVC “Wonderful Indonesia” bisa dilihat di banyak media internasional, seperti CNN, Discovery Channel, dll), owned media (melalui website www.indonesia.travel, yang hit-nya naik 6 kali lipat), social media, dan endorser (misalnya menggunakan artis untuk membantu mempromosikan wisata Indonesia).

Usai sambutan, langsung ditayangkan 5 iklan 15 detik versi bahasa Indonesia. Setiap iklan menampilkan cuplikan titik wisata yang membentang di seluruh Indonesia. Saya sih suka dengan lagu yang mengiringinya. Enak banget didengar. Akhir iklan ditutup dengan tagline Pesona Indonesia.

Setelah itu 4 iklan versi bahasa Inggris ditayangkan. Yang ini lebih menarik karena setiap iklan punya cerita yang disampaikan. Ada satu versi yang dibintangi oleh Nicholas Saputra. Ada versi yang dibintangi sepasang bule yang ceritanya sedang berjalan-jalan keliling Nusantara. Setiap lokasi wisata yang muncul diberikan penjelasan nama lokasi dan koordinat bujur dan lintangnya. Setiap akhir iklan akan ditutup dengan tagline Wonderful Indonesia.

Iklan-iklan versi Indonesia yang pernah ditayangkan di televisi bisa dicek di playlist YouTube ini.

Berikut ini beberapa foto acara kemarin:

DSCF4141

DSCF4142

DSCF4145

DSCF4151

DSCF4157

DSCF4160

3 thoughts on “Launching Iklan Pariwisata Indonesia di Bioskop”

  1. wah keren nih.. iklan Pariwisata dikenalkan di Bioskop.
    Ide Baru… Pariwisata Indonesia Majulah Terussss!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge