Memotret Java Jazz Festival 2016

Setelah absen 3 tahun, akhirnya minggu kemarin saya datang lagi ke perhelatan Java Jazz Festival. Hihihi karena tiket hariannya gratis, makanya jadi datang. Meski saya punya tiket harian untuk hari kedua dan ketiga, akhirnya saya hanya datang di hari kedua saja. Saya berikan ke teman saya saja untuk yang hari ketiga.

Di hari Sabtu 7 Maret 2016 itu, saya sudah di JIExpo Kemayoran sejak pukul 4 lewat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap hall diubah namanya menjadi nama brand sponsor. Repotnya, di website tidak disebutkan nama hall ini identik dengan hall nomor berapa. Jadi mesti keliling dulu untuk tahu hall mana yang mewakili brand mana. Ada sih informasinya di LCD yang tersebar di seluruh area. Hanya sayang informasi ini kurang diupdate di website. Itu hanya kasus minor sih, dibandingkan kesenangan yang saya dapatkan saat memotret malam itu.

IMG_2902
RAN

IMG_2919
5 Romeo

IMG_3168
Hiatus Kaiyote

Di hari Sabtu itu saya berhasil memotret 11 panggung: RAN, 5 Romeo, Yamaha Music Project featuring Isyana Sarasvati, Ron King Big Band, Joey DeFrancesco Trio, Be3, Dewa Budjana, Endah n’ Rhesa, Hiatus Kaiyote, White Shoes & The Couples Company, dan terakhir Level 42. Sebenarnya malam itu masih ada perform solo dari Isyana Sarasvati pukul 00:30. Huhuhu tapi malam banget, dan hall sudah mulai dipenuhi pengunjung sejak pukul 23:00. Hihihi edan ya. Di hall yang sama, sebelumnya juga ada Sandhy Sondoro, dan ini penuhnya luar biasa. Saya menyerah saat mau masuk.

IMG_2937
Yamaha Music Project featuring Isyana Sarasvati

IMG_3129
Dewa Budjana

Yang saya suka sebetulnya panggung baru (eh ini baru nggak sih?) yang berada di dekat food court. Panggung portable di atas truk, yang diapit oleh truk makanan yang lagi ngetren belakangan ini. Di panggung ini saya melihat Endah n’ Rhesa dan White Shoes & The Couples Company. Panggungnya memang tidak besar. Lampu warna-warni menyala terang di dalam panggung dan di samping truk. Kayaknya di dalam situ panas, karena gitaris White Shoes sempat curcol saat manggung di sana.

IMG_3149
Endah n’ Rhesa

IMG_3231
White Shoes & The Couples Company

Be3 pun menunjukkan aksi yang menarik. Ini perform kedua yang saya lihat, setelah sebelumnya melihat mereka perform pertama kali setelah “pensiun” di Indonesian Jazz Festival. Yang paling mantap pada malam itu adalah saya bisa melihat Level 42, grup yang pernah menjadi favorit saya saat SD dulu (lama yaaa). Apalagi saat lagu “Running in the Family” berkumandang, seketika memori masa lalu terulang kembali. Hahaha, waktu itu masih eranya kaset bajakan.

IMG_3035
Be3

Agak menyesal saya nggak memotret Tokyo Ska Paradise Orchestra, karena melihat foto-foto teman fotografer lainnya, ternyata aksi panggung mereka luar biasa. Waktu itu memang depan panggung pun sudah penuh. Saya mencoba menyempil masuk pun sulit. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk langsung pulang saja, karena memang sudah terlalu capek mondar-mandir banyak hall seharian.

Untuk foto-foto koleksi Java Jazz Festival 2016 bisa dicek di album Flickr ini ya.

IMG_2989
Joey DeFrancesco Trio

IMG_2975
Ron King Big Band

IMG_3280
Level 42

2 thoughts on “Memotret Java Jazz Festival 2016”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge