Keramaian Panggung Ennichisai 2016

Tanggal 14-15 Mei kemarin perhelatan Ennichisai, festival Jejepangan terbesar di Indonesia kembali diadakan. Kecuali tahun lalu (karena harus ke luar kota), saya selalu datang ke event ini. Kalau dulu saya melihat dan memotret aksi yang terjadi di jalan-jalan dalam kompleks Blok M. Kali ini fokus saya hanya memotret aksi di stage dan keramaian (baca: kelucuan) anak-anak JS Navigator.

Faint★Star untuk kedua kalinya datang ke Ennichisai. Kali ini saya sudah kenal dengan duet idol ini, dan kebetulan saya ditunjuk untuk menjadi fotografer official-nya selama di Ennichisai. Asyik tentunya, karena saya bisa mendapatkan akses memotret di media pit.

_MG_0013
Loverin Tamburin

Ada 2 panggung besar di Ennichisai: main stage (yang banyak berisikan atraksi budaya) dan pop stage (tempat para artis idol dan cosplayer). Fokus saya di hari pertama hanya di main stage, untuk memotret Loverin Tamburin (rock band dengan vokalis perempuan yang atraksi panggungnya keren), Love Android (idol group dari Jepang), dan Faint★Star. Ada sih penampilan satu idol group beranggotakan 9 cowok. Musumen namanya, namun tidak saya foto. Sayang saya melewatkan aksi Love Android di hari pertama, karena saya harus mendokumentasikan press conference yang diselenggarakan oleh Faint★Star.

_MG_0047
Press conference Faint★Star

_MG_0183
Usai aksi perform Faint★Star

Sisa waktu hingga sore saya berkeliling saja. Memotret anak-anak JS Navigator yang berjualan di boothnya, dan mempromosikan Nissin Cup Noodles di booth berbeda. Melihat aksi mereka mengingatkan saya akan awal-awal dulu anak JKT48 belum tenar, dan melakukan promosi serupa di Ennichisai 3 tahun lalu.

_MG_0207
Nana, Jesslyn, dan Ai dari JS Navi.

Ada pula Rachel Florencia, Marthina Meliana, dan Nia dari Candy Love, yang nongkrong di booth Trax FM Jakarta. Lokasi booth yang bersebelahan dengan booth JS, membuat lorong penuh dengan para pengunjung yang ingin bertemu dengan mereka. Padat banget.

_MG_0191
Rachel Florencia

_MG_0194
Marthina Meliana

_MG_0240
Nia

Yumi, idol indie dari Bandung, yang belakangan ini suka saya foto setiap kali perform di Jakarta, juga perform di Ennichisai. Debut umumnya pertama kali pun karena Ennichisai. Jadilah saya sekaligus memotret Yumi di event ini. Yumi perfirm di hari kedua, tampil dua kali masing-masing di stage berbeda.

Saat melihat jadwal acara, tidak ada bentrok antar keduanya. Aman. Namun kenyataan bisa berbeda. Ternyata pada saat Yumi manggung untuk kedua kalinya, saat bersamaan pula Faint★Star menyelenggarakan meet & greet. Untungnya ada teman saya, Joe, yang bisa membantu. Joe saya kenalkan ke Yumi dan manajernya. Joe pula yang akhirnya memotret Yumi.

Foto-foto jepretan saya dan Joe untuk Yumi bisa dicek di galeri foto website Yumi ini dan ini.

_MG_0276
Yumi

Hari kedua matahari terasa sangat terik. Sekitar pukul 3 siang, meski matahari masih terasa panas dan menyilaukan, booth Nissin Noodles Cup tetap ramai dengan pengunjung. Beberapa JS Navigator terkenal seperti Edelyn, Donna, Jeanice, dan banyak lainnya ikut meramaikan flash mob joget ala Nissin Cup Noodles. Sayang saya tidak mendapatkan posisi memotret yang enak. Hanya bisa memotret dari samping.

_MG_0344
JS Navigator

Di hari kedua itu pula anak-anak Teenebelle datang ke Blok M. Rencananya, mereka mau live stream kegiatan Ennichisai di channel Zeemi mereka. Karena kondisi sinyal yang tak memadai, akhirnya live stream pun dilakukan di salah satu restoran di Blok M. Ternyata tempat ini juga menjadi basecamp panitia dan artis.

Usai meet & greet, Faint★Star pun datang ke sini. Untuk kedua kalinya Teenebelle bisa bertemu dengan Faint Star, setelah dulu mereka berkenalan di Japan Wave Expo. Kali ini member Faint★Star diajak menjadi bintang tamu Teenebelle di channel live streamnya.

_MG_0385
Teenebelle dan Faint★Star

Menjelang gelap, saya habiskan waktu kembali di pop stage. Untuk kedua kalinya, Loverin Tamburin, Love Android, Musumen, dan Faint★Star perform di Ennichisai tahun ini. Jumlah lagu yang dibawakan lebih banyak daripada hari pertama. Penontonnya juga lebih ramai dan antusias. Seru banget bisa memotret di keramaian seperti ini.

_MG_0402
Loverin Tamburin

_MG_0525
Love Android

_MG_0724
Yuria Faint★Star

_MG_0741
Hina Faint★Star

Semoga tahun depan bisa seramai ini lagi. Hahaha dan semoga saya masih bisa memotret aksi panggung para bintang tamunya.

Galeri Ennichisai 2016 hari pertama bisa dicek di galeri Flickr ini, dan untuk hari kedua di galeri Flickr ini.

Beberapa foto jepretan saya untuk Faint★Star menjadi materi publikasi mereka di beberapa media Jepang. Salah satunya bisa dicek di artikel ini.

One thought on “Keramaian Panggung Ennichisai 2016”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge