Tempat Memotret di PIK

Salah satu hal merepotkan kalau memotret di Jakarta adalah nggak banyak lokasi yang bagus (yang gratis atau bayarnya murah). Atau kalau tempatnya bagus, ternyata tidak boleh motret (misalnya di beberapa mall). Semakin sering memotret, pastinya ingin mencari tempat yang unik, yang belum banyak dipakai untuk pemotretan sebelumnya.

Nah, ini yang susah. Saya paling menghindari foto di Kota Tua. Bukan karena tidak suka tempatnya, tapi karena sudah banyak yang memotret di sana. Hanya sayangnya, belum ada lokasi lain di Jakarta yang kuat unsur kolonialnya selain di Kota Tua.

Untuk daerah utara Jakarta, sebagai alternatif pilihan, kalian bisa mencoba di Ancol dan Sunda Kelapa. Kalau masih terlalu umum, coba bergerak sedikit menuju Pantai Indah Kapuk. Di sana ada beberapa spot yang bagus. Berikut ini spot yang pernah saya pakai untuk pemotretan.

1. Taman Wisata Alam Angke Kapuk


Lokasinya sangat luas, dengan spot menarik seperti tepian laut, danau, perumahan berbentuk kemah, dermaga dan jembatan kayu. Matahari terbenam juga bisa terlihat menarik di sini. Tempat ini lumayan sering dipakai untuk kebutuhan pre wedding. Tiket masuknya sih murah, namun sayangnya untuk pemotretan menggunakan kamera profesional dikenakan biaya cukup tinggi. Terakhir saya ke sana, biaya yang dikeluarkan adalah Rp.1.000.000 untuk 7 orang (termasuk model). Sebenarnya kalau dibagi 7 dan dipakai seharian penuh, masih tetap lebih murah sih daripada menyewa studio.

Tempat ini dulu saya pakai sebagai salah satu spot untuk pemotretan photobook Re:ON – Rise (kalian bisa beli photobook-nya di sini).

IMG_3726

IMG_3770

IMG_3841

2. Suaka Margasatwa Muara Angke

Ini alternatif murah dibandingkan Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Lokasinya tidak jauh dari sana. Gerbang masuknya berada di seberang pertokoan Galeri Niaga Mediterania II, Jalan Pantai Indah Utara 2. Sayangnya belum ada di Google Maps, jadi saya nggak bisa post petanya.

Ukurannya memang tidak terlalu besar, dan ini dikelola oleh pemerintah, jadi ya memang tidak secantik Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Saya sarankan untuk membawa autan kalau jalan-jalan memotret di sana, supaya terhindar dari gigitan nyamuk.

_MG_1747

_MG_1721

3. Wraps & Rolls

Saat masuk ke Pantai Indah Kapuk dari arah tol, langsung lihat sisi kiri kalian. Posisi di Google Maps salah, seharusnya di kiri jalan, bukan di kanan jalan. Perhatikan bangunan penuh warna-warni di antara deretan ruko. Nah, itu gedungnya.

Karena ini restoran, kalian tentu harus belanja makan terlebih dahulu. Hanya saja, restoran ini membebaskan kalian untuk memotret, tidak seperti kebanyakan restoran di Jakarta pada umumnya. Eksplorasi saja 3 lantai restoran ini, karena setiap lantai punya spot yang menarik. Eh iya, menu di sini juga enak-enak sih. Jadi jangan pelit-pelit kalau mencoba makanan di sini.

Saya pernah buat digital photobook dengan memanfaatkan lokasi ini. Cek di postingan saya yang dulu ya!

_MG_3877

_MG_3950

_MG_1557

_MG_1614

4. Hello Kitty Cafe

Lokasinya berada di ruko di sisi seberang Wraps & Rolls. Sebetulnya ini kurang pas sih dipakai untuk pemotretan, karena tempat makannya tidak terlalu luas. Salah satu hal yang menarik di sini adalah menjadikan menu makanan dan minumannya sebagai properti pemotretan. Hati-hati untuk yang punya penyakit gula, karena hampir semua makanan dan minuman di sini penuh dengan kandungan gula tinggi.

_MG_4041

Saat ini sih saya baru mencoba ke 4 spot itu. Mungkin kalau teman-teman punya spot alternatif lain di Pantai Indah Kapuk, boleh dong di-share di sini juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge