Makna Lebaran

​1 Juli 2016. Hari ini saya kembali lagi ke kota Jogja setelah setahun berlalu. Sepertinya saya hanya datang ke kota ini saat menjelang Lebaran tiba, atau kecuali ada tugas yang menuntut saya mampir ke kota ini.

Sebenarnya sudah tidak ada hal yang mewajibkan saya dan keluarga saya untuk kembali ke Jogja saat Lebaran. Maklum, semua eyang saya sudah lebih dahulu meninggalkan kami semua sejak lebih setahun lalu.

Kedua orang tua saya tetap berharap dan mengajak seluruh anggota keluarga besar untuk menjaga tradisi kembali ke Jogja. Rumah Eyang masih ada. Kehangatan kekeluargaan yang pernah terjalin tidak boleh hilang. Meski Eyang sudah tidak ada, anak-anak dan cucu-cucunya harus tetap bisa berkumpul dan bersilaturahmi.

Sehari ini saya hanya berada di sekitar rumah. Malah banyak tiduran hahaha. Memang kurang tidur sih karena saya berangkat ke Jogja tadi pagi-pagi buta usai sahur. Para saudara baru akan berdatangan akhir pekan ini.

Bagi saya Lebaran berarti berkumpul dengan sanak saudara, mengobrol, dan makan bareng. Kembali mengenal mereka setelah berbulan-bulan tidak bertemu langsung.

Kalau buat kalian, makna Lebaran itu apa?

3 thoughts on “Makna Lebaran”

  1. bagi saya, lebaran itu berarti: berbagi. Berbagi apapun, mulai dari THR buat keponakan, kebahagiaan karena berhasil memenangkan bulan ujian, dan juga berbagi cerita setelah sekian lama tak bertemu.

    halo mas pit hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge