​Main-main ke Sindu Kusuma Edupark

Jogja memiliki wahana taman bermain baru sejak 2015. Namanya Sindu Kusuma Edupark (SKE). Lokasinya masih di tengah kota. Tepatnya di Jalan Jambon, Sinduadi, yang bisa diakses melalui Jalan Magelang. Cuma butuh 10 menit kalau kalian berangkat dari Tugu Jogja pakai mobil.

Eh tapi tunggu dulu. Jangan kalian berekspektasi kalau SKE ini selengkap Dufan Jakarta ya. Wahananya memang cukup banyak, tapi memang tidak sekomprehensif Dufan. Namun sudah sangat memadai untuk kebutuhan hiburan dan rekreasi bersama anak.

DSCF6207

Wahana ferris wheel yang di SKE disebut dengan Cakra Manggilingan menjadi ikonnya. Saking besarnya ferris wheel ini, sampai bisa terlihat jauh dari ujung jalan Jambon yang berbatasan dengan Jalan Magelang.

Wahana lain yang bisa kalian temui adalah komidi putar, cangkir putar, naik kereta api yang berputar, sepeda berbentuk lingkaran yang digenjot di atas rel, bioskop 4D, arena horor, dan banyak lainnya. Beberapa elemen wisata seperti miniatur Borobudur dan Prambanan terlihat pula di area luas di dalamnya.

DSCF6214

DSCF6224

DSCF6259

Berbeda dengan Dufan yang menggunakan tiket terusan, di SKE tiket yang dibeli berdasarkan wahana yang mau digunakan. Hihihi jadi makin sering pakai wahana yang sama, biayanya makin mahal. Sisi positifnya, nggak perlu keluar uang banyak kalau cuma ingin masuk dan berjalan-jalan saja di dalamnya.

Yang dibeli saat masuk adalah kartu dengan saldo  kelipatan Rp.50.000,00. Nanti setiap masuk wahana, kartu ini akan di-tap oleh petugas, dan saldonya akan berkurang. Kalau kehabisan saldo, kalian bisa mengisi ulang kok di dalam.

DSCF6210

Saya ke SKE mengajak adik saya, suaminya, dan anak-anaknya. Mereka sih yang banyak bermain, sementara saya lebih banyak motret.

Keponakan saya minta saya menemaninya masuk wahana kereta horor. Kami duduk di kereta, yang lalu akan berputar memasuki ruangan gelap. Di dalamnya, kami melihat beragam hantu lokal dan impor, seperti pocong, kuntilanak, hingga vampir. Tidak menakutkan sih. Yang sempat bikin agak kaget adalah ketika saat menatap ke samping, ada seseorang pakai kostum nenek lampir berjalan mendampingi kami di sisi kereta. Semoga sih dia beneran petugas yang jaga ya. Semoga..

DSCF6222

DSCF6217

Niat saya datang ke SKE lebih untuk memotret Cakra Manggilingan di saat gelap. Asyik melihat lampu-lampu menyala menerangi ferris wheel yang terus berputar. Sayang saya belum puas memotret dari banyak sudut pandang berbeda, karena batere kamera saya keburu habis. Repotnya pakai kamera mirrorless, boros batere banget.

Untuk kalian yang mampir ke Jogja, kalau ada waktu, cobalah mampir ke SKE. Datengnya sore menjelang malam saja, supaya bisa lihat lampu-lampu menyala di ferris wheel. Kalian juga bisa naik dan melihat lampu-lampu kota Jogja di malam hari.

DSCF6294

DSCF6296

2 thoughts on “​Main-main ke Sindu Kusuma Edupark”

  1. Kalau di Bandung wahana yang ada itu TSB (Trans Studio Bandung). Tiketnya terusan, dan ahrus bayar pas petama masuk. Jadi rugi kalau cuma jalan-jalan di dalam aja dan ga menjajal wahananya. tapi aku ga berani mencoba semua wahananya, sih hehehe.

    Salam kenal, Mbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge