Malam di Kilometer Nol Jogja

Satu lagi sudut kota Jogja yang penuh dengan orang di waktu malam adalah Kilometer Nol. Lokasinya di ujung banget jalan Malioboro, persis di perempatan, depan BNI dan Kantor Pos Jogja. Di sini banyak orang berkumpul, nongkrong, jajan, dan banyak lagi.

DSCF6602

DSCF6578

Terakhir saya ke sana di hari Jumat malam, saat masuk hari lebaran ketiga. Saya datang mampir jam 9 lewat untuk memotret suasana malam di sana. Penuh banget orang berkumpul di sini. Saya memilih spot di trotoar depan Monumen Serangan Umum 1 Maret yang relatif sepi. Saya mengamati tukang becak yang asyik berkumpul dan ngobrol di sini. Sayang di spot itu bau pesing, jadi saya nggak diam lama.

DSCF6617

DSCF6619

Saya berjalan menuju pusat keramaian, dan menemukan banyak “cosplayer” di sini. Mereka berdandan ala Hulk, Iron Man, Optimus Prime, Bumblebee, prajurit keraton, dan banyak lagi. Mereka mengundang pengunjung untuk berfoto bersama dengan mereka. Tentunya, mereka berharap pengunjung memberikan sedikit sumbangan ke kotak di hadapan mereka. Banyak pengunjung berdatangan untuk bergantian foto. Hmm, laku banget mereka sepertinya.

DSCF6630

DSCF6632

DSCF6634

Ada instalasi senin berbentuk hati raksasa dari besi juga di salah satu sudut Kilometer Nol. Namanya gembok cinta, karya I Made Arya Palaguna. Setiap pasangan bisa memasang gembok dengan nama mereka di sana, dengan harapan hubungan yang langgeng. Si seniman katanya juga menambahkan makna lain dari instalasi ini, sebagai petanda supaya tidak ada lagi kekerasan di Jogja.

DSCF6594

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge