Menyusun Diorama Mini Bricks

Saya suka melihat diorama. Diorama miniatur apapun. Salah satu yang saya suka lihat diorama Lego, yang bisa dijumpai kalau teman-teman komunitas Lego Builder Indonesia berpameran dan berjualan. Setiap kali lihat seperti itu, ada hasrat untuk ingin membuat hal serupa pula.

Kelihatannya mudah. Beli, pasang, lalu diatur posisinya sesuka hati. Kenyataannya hal itu sulit diterapkan. Pertama, Lego bukan barang murah. Membuat satu diorama kota penuh dengan bangunan dan mini figure bisa menghabiskan puluhan juta. Belum lagi kalau ingin membuat custom, yang membutuhkan part tambahan yang harus dipesan. Waktu dan investasi yang dikeluarkan sangat besar.

_MG_7153//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

Kedua, masalah space. Keren sih bisa bangun diorama raksasa kota, tapi kalau rumah kita kecil dan sudah penuh dengan lemari dan meja, mau ditaruh di mana?

Saya sendiri bukan melulu fanatik pengguna brand Lego. Saya malah lebih sering membeli bricks non Lego. Ada yang memang ripoff/bootleg dari desain Lego asli. Ada pula yang memang punya desain berbeda dari Lego. Kebanyakan memang diproduksi negeri Tiongkok. Harga versi bootleg bisa mencapai 20% dari versi aslinya. Tentunya kualitas juga berbeda. Namun untuk harga semurah itu, kualitas beberapa merk bricks Tionghoa ini sudah lumayan bagus kok. Semakin ke sini, mereka semakin ahli dalam mencetak partnya, sehingga tingkat kepresisiannya pun makin tinggi.

Kembali ke diorama, ada keinginan saya untuk membangun diorama bricks dari campuran banyak merk. Rencananya dibikin modular dengan grid 48×48. Nantinya begitu ada space bisa saya jejerin sambung satu dengan yang lain. Ini pun pastinya akan butuh waktu lama, jadi saya mulai dari kecil dulu saja.

_MG_7158//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

_MG_7160//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

_MG_7172//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

Bagian pertama sudah sempat saya selesaikan beberapa hari lalu (hfft berulang kali sempat roboh karena dimainkan oleh keponakan, dan saya kehilangan beberapa part karenanya). Tema pertama yang saya angkat tentang konser musik di suatu taman, dengan beberapa pedagang makanan di sekitarnya.

Merk dan seri yang saya gunakan untuk membangun diorama mini ini adalah:

  • ‌Stage dari Sheng Yuan Friends no SY380 prix viagra en france.
  • ‌Gerbang dari Bela Skooby Doo! no 10428.
  • Truk es krim dari Enlighten no 1112.
  • ‌Mobil hotdog dari Sluban Sim City no B0565.
  • Warung dari Emco Brix.
  • ‌Pohon, trotoar, pagar, campuran dari merk Lego dan Wange.

‌Mini figure campur aduk dari banyak merk, termasuk yang pernah saya beli dalam jumlah paket melalui eBay.
Berikut ini beberapa foto lainnya. Galeri lengkapnya bisa dicek di album Flickr ini.

_MG_7168//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

_MG_7175//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

_MG_7166//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge