Membuat Fancam

Akhirnya channel YouTube saya ada isinya. Hehe bukan, bukan vlog kok. Belum pede saya bikin vlog, dan memang nggak ada waktu untuk mencoba pula. Saya masih lebih suka motret pula daripada membuat video. Saya lebih banyak bikin fancam sekarang, saat musisi perform di panggung.

Saat motret pertunjukan musik ada masanya juga kondisi lapangan nggak terlalu seru untuk diambil fotonya. Misalnya, jarak antara lokasi untuk motret dan panggung yang jauh. Jadi yang bisa diambil hanya wide. Saya nggak bisa mengambil detil aksi dan ekspresi si performer. Kalau dari jauh, lama-kelamaan gambar yang diambil serupa. Dalam saat seperti ini, saya biasanya hanya memotret 2-3 lagu, selebihnya saya rekam video fancam.


Soundwave – Salah

Ada pula kondisi di mana saya hanya bisa berdiri di spot sama, sementara si musisi (biasanya penyanyi solo) hanya melakukan aksi panggung yang cenderung monoton. Pastinya akan banyak jepretan yang mirip. Biasanya saya hanya memotret 2 lagu, lalu saya lanjut membuat fancam.

Namanya fancam, pastilah apa adanya. Cuma satu kamera yang kadang zoom in, zoom out, geser kiri dan kanan. Lebih mirip untuk kebutuhan dokumentasi jadinya. Nggak butuh kreatifitas lebih untuk membuatnya.


Barasuara – Bahas Bahasa

Ada beberapa pembuat fancam yang niat hingga membawa monopod atau tripod untuk merekam. Sementara saya agak malas untuk itu. Lagi-lagi fancam buat saya hanya untuk kebutuhan dokumentasi. Jadi saya pegang pakai tangan saja. Bersyukurlah lensa kamera saya ada IS (image stabilizer), jadi cukup membantu menghilangkan goyangan akibat tangan bergetar.

Sampai saat ini saya sudah membuat fancam untuk Cherrybelle, Teenebelle, Shojo Complex, Barasuara, Aya Anjani, Soundwave, dan Andien. Silakan cek channel YouTube fancam saya di sini ya.


Cherrybelle – BOOM!


Teenebelle – Laskar Pelangi

Nggak nyangka juga fancam Shojo Complex ternyata sudah mendapat hampir 5.000 views. Mungkin karena ada yang ribut di komentar kali ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge