Bricks Decool Architect 23 in 1

Biasanya dimulai dari meniru, lalu setelah itu mencoba membuat sesuatu yang baru. Mungkin itu prinsip yang dilakukan bricks merk Decool dari Tionghoa. Awal-awalnya merk ini sering bikin bootleg dari Lego, lalu lama-lama membuat versinya sendiri (meski tetap sih pakai propriety rights pihak lain tanpa izin, hahaha). Itu yang mereka lakukan untuk beragam desain minifigure versi mereka.

Selain minifigure, Decool juga mengeluarkan seri Architect. Kalau di Lego, ini mirip dengan seri Creator. Satu dus berisi banyak part yang bisa digunakan untuk membangun lebih dari 1 bentuk. Tentunya dengan petunjuk di dalamnya. Nah, di seri-seri awal memang Decool meniru abis bentuk dari Lego Creator, namun belakangan ini mereka sudah 100% mengeluarkan desainnya sendiri, tanpa melanggar propriety rights pihak lain.

Ada yang paling menakjubkan di antara desain terbaru itu, yaitu seri 3110. Sementara seri lainnya hanya 3 in 1 (3 macam desain dalam 1 dus), seri 3110 ini malah 23 in 1 (23 macam desain dalam 1 dus). Buku petunjuk di dalamnya memang hanya menceritakan 3 desain saja. Sisa 20 desain lainnya bisa diunduh online dari situs mereka.

DSCF6645

DSCF6644

DSCF6646

Ketika membangun 2 desain dari seri ini (wheel loader dan excavator), saya langsung kagum dengan desainernya. Kok ya kepikiran bisa mengkonstruksi seperti ini. Banyak part unik yang membuat saya belajar hal baru tentang bricks dan konstruksinya. Untuk ukuran produk non Lego, part-nya juga cukup mudah saat dipasang. Langsung menempel. Yang agak sulit adalah saat menggabungkan ban dalam dan ban luar. Perlu ditekan keras, meski bagi saya ini hanya hal minor.

Kalau ada yang tertarik, silakan saja langsung hunting seri ini di Bukalapak dan Tokopedia. Sudah ada beberapa toko yang menyediakannya. Semoga belum kehabisan ya.

DSCF6726

DSCF6727

DSCF6729

DSCF6728

DSCF6731

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge