Mencari Tas Kamera

Kalau nggak butuh, maka saya nggak akan nyari. Akhirnya saya membeli tas backpack untuk kamera. Sejak dulu saya selalu memanfaatkan tas punggung yang saya bawa sehari-hari ke kantor, untuk saya pakai juga saat memotret.

Tentu saja menggunakan tas punggung biasa beresiko, karena kamera dan lensa di dalamnya bisa saling bersinggungan. Lebih ngeri lagi, lensa kamera bisa tertekan. Ini yang saya alami berulang kali. Lensa sih sebetulnya aman, karena memang didesain untuk bisa menahan tekanan. Namun filter lensa di depannya tidak. Sudah 2x dalam setahun saya ganti filter lensa karena pecah. Yang pertama retak biasa. Yang kedua retaknya sampai kecil-kecil sehingga sulit membersihkannya dari permukaan lensa.

Biasanya kalau beli keperluan kamera, saya cek di web Focus Nusantara untuk harga atas. Lalu cari di Tokocamzone atau di Pasar Baru untuk penawaran yang lebih murah. Ternyata itu nggak berlaku untuk tas. Semua berharga sama persis.

DSCF6720

DSCF6724

Pilihan tas ada banyak macam, tapi saya beli yang sesuai kebutuhan, merknya familiar, dan harganya murah (dibanding merk lainnya). Yang saya butuhkan yang bisa menampung: body+lensa, tambahan lensa tele, lensa fix, dan flash. Lebih ok lagi kalau notebook 14″ bisa masuk. Lebih tambah ok kalau masih bisa muat beberapa baju (meski ini nggak mutlak).

Repotnya beli tas kamera adalah, kita harus lihat langsung. Lihat foto di website nggak bisa membuat kita membayangkan ukuran asli tasnya, dan mekanisme buka tutupnya. Ini juga berpengaruh saat saya mengambil keputusan untuk membeli. Selain survei online, saya pun survei langsung ke Focus Nusantara Cideng, karena hanya toko inilah yang paling dekat dengan rumah saya.

Beberapa pilihan saya akhirnya jatuh pada beberapa merk ini:

  • Lowepro Fastpack 250, harga Rp.995.000,00.
  • Sirui Daytrip 15, harga Rp.1.500.000,00.
  • Thinktank Perception 15, harga Rp.1.400.000,00.
  • Thinktank Streetwalker Harddrive, harga Rp.1.800.000,00.
  • Lowepro Fastpack 250, harga Rp.995.000,00.
  • Kata Bumbleebee 210DL, harga Rp.1.400.00,00.

Dari harganya sudah langsung tahu lah ya, saya akhirnya pilih yang mana 🙂

Sekarang tas ini sudah pernah saya pakai saat perjalanan ke beberapa kota. Dengan isi kamera dan lensa yang sama, dibandingkan tas punggung biasa, menggunakan tas kamera profesional ini enak dan nyaman. Penyebaran bebannya lebih merata, sehingga punggung tidak mudah sakit menahan beban. Semoga saja bisa awet lama.

DSCF6722

DSCF6721

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge