​Jalan-jalan ke Art:1 Museum 

Sebelum lebaran saya sempat mampir berkunjung ke sebuah museum seni berlokasi di Kemayoran yang dikelola oleh swasta. Namanya Art:1 New Museum and Art Space. Saya mengetahui tempat ini melalui seorang teman di Instagram.

Pas banget teman saya, Kei Andinta, libur (entah libur sekolah apa, kok kayaknya dia sering banget libur), dan dia juga ingin berkunjung ke lokasi yang sama. Jadilah kami waktu itu mampir ke sana. Hihi tujuannya tentu untuk foto-foto, sambil melihat art yang terpajang di museum dan galeri.

DSCF5408

Tiket masuk ke galeri Art Space:1 saja seharga Rp.35.000,00 dan untuk pelajar/mahasiswa seharga Rp.25.000,00. Kalau untuk masuk ke Art:1 New Museum seharga Rp.75.000,00 dan pelajar/mahasiswa Rp.50.000,00. Tiket museum sudah sekaligus untuk ke galeri. Kalau kalian follow akun social medianya, kalian akan mendapatkan potongan Rp.10,000.00.

Galeri Art Space:1 diperuntukkan untuk seniman muda yang ditayangkan selama 2-4 minggu. Tujuannya untuk mengenalkan seniman berbakat yang butuh tempat untuk menyajikan dan menjual karyanya. Tentunya tetap melalui proses kurasi tim museum.

DSCF5231

DSCF5240

Art:1 New Museum menampilkan karya seniman Indonesia yang sudah melalui proses validasi tim riset organisasi non komersial. Artis dan karyanya dianggap penting terhadap perkembangan dan sejarah seni. Materinya dikumpulkan dari koleksi permanen museum, kolektor, seniman, dan juga institusi.

Depan pintu masuk terpasang instalasi dengan materi stagger warna merah terang. Ruang-ruang di dalamnya didesain menarik. Beberapa ruang terkena cahaya matahari alami namun tidak langsung, sehingga tidak merusak karya yang dipajang.

DSCF5441

DSCF5273

Sebenarnya ada larangan untuk memotret menggunakan kamera DSLR dan mirrorless di sini. Hanya boleh memotret menggunakan kamera ponsel. Juga tidak boleh menggunakan flash, karena akan membuat karya menjadi lebih cepat rusak.

Ehem, tapi maaf kemarin saya motret pakai mirrorless, meski tetap tidak menggunakan flash. Namun saat memotret, fokus saya lebih ke Kei, dengan ruangan museum menjadi latarnya. Tidak ada foto yang langsung detil ke karya yang dipajang. Sempat ditegur sih oleh seorang penjaga saat kami hampir selesai berkeliling. Si penjaga tapi menegur dengan nada baik, dan katanya kali ini nggak apa-apa. Asal besok jangan lagi ya. Hihi, baiklah Pak 😀

DSCF5345

DSCF5359

Untuk kalian yang mau berkunjung ke sana, alamat museum ini berada di Jl. Rajawali Selatan Raya no 3, Kemayoran, Jakarta Pusat 10720. Buka hari Selasa – Sabtu pukul 10:00-18:00, Minggu pukul 10:00-16:00. Hari Senin dan hari besar libur.

DSCF5430

One thought on “​Jalan-jalan ke Art:1 Museum ”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge