​Memotret Pengunjung dari Atas Panggung

Jika suatu waktu kalian diminta untuk menjadi fotografer official suatu artis atau grup band, akan ada masa di mana si artis atau grup band mengajak penontonnya untuk foto selfie bareng. Biasanya foto selfie ini dilakukan di penutup setelah lagu terakhir selesai dibawakan. Ada juga yang melakukannya sebelum memulai membawakan lagu terakhir.

Kesempatan seperti ini tidak mungkin diulang, karena ini momen yang sangat berharga baik bagi si artis maupun pengunjungnya. Pertama kali saya mendapat kesempatan ini dulu, saya cemas setengah mati. Cemas kalau hasilnya mengecewakan. Bila momen ini hilang, bisa jadi kepercayaan terhadap saya pun ikut hilang.

_MG_7560
Teenebelle – Yamaha Motor Show

IMG_2795
Faint★Star – Bijac no Tanjoiwai 9

Sekarang sih sudah lumayan terbiasa, meski nggak dipungkiri rasa was-was itu akan selalu ada. Untuk menyiapkan agar segala sesuatunya berjalan dengan lancar, berikut ini beberapa tipsnya:

Gunakan lensa wide.

Pada saat memotret panggung, saya memang sering menggunakan lensa tele. Namun saat mendekati foto selfie, saya sudah harus siap dengan lensa wide. Tujuan memotret adalah untuk mengambil foto artis dengan crowd pengunjung sebanyak mungkin.

_MG_6068
Teenebelle – Teenage Mutant Ninja Turtles Show

_MG_0183
Faint★Star – Ennichisai 2016

IMG_9530
Yumi – Sakura Matsuri 2016

_MG_9146
Teenebelle – Jagoan Clevo Indonesia ke-5

Berkoordinasi dengan pihak lighting.

Untuk beberapa kasus, beberapa lampu untuk menerangi panggung ditaruh dari belakang crowd pengunjung. Ini akan merepotkan saat nanti memotret dari atas panggung, karena akan ada backlight yang membuat wajah pengunjung malah jadi tidak kelihatan. Ingatkan ke pihak lighting untuk mematikan lampu-lampu ini saat sesi foto selfie.

IMG_0603
Cherrybelle – Audition Jakarta

x_MG_0382
Teenebelle – WOG Semarang

Sudah siap dengan segala setting.

Jangan membuat artis dan pengunjung terlalu lama menunggu karena ketidaksiapan yang motret. Kalau kondisi terang, gunakan bukaan besar. Kalau kondisi remang-remang, siapkan flash bila perlu. Gunakan ISO tinggi meski menggunakan flash supaya tidak terlalu gelap untuk pengunjung yang berada di daerah belakang. Saat memotret, jepret beberapa kali dengan beberapa setting berbeda buat jaga-jaga saja.

Lirik hasil sebelum turun panggung.

Setelah selesai memotret, cek cepat hasilnya di kamera. Pastikan kalau hasil foto fokus pada artis atau grup band. Masalah sedikit kegelapan atau sedikit keterangan masih bisa diakalin nanti saat editing (asumsi memotretnya menggunakan file RAW ya)> Namun kalau gambar tidak fokus, tidak akan bisa diakalin dengan editing. Jika sudah ok, kasih tanda ke si artis atau grup band, kalau pemotretan sudah selesai.

_MG_7846
Teenebelle – Sacred Holy Ramadhan

_MG_0828
Faint★Star – Ennichisai 2016

IMG_4000
Teenebelle – Yamaha Motor Show

2 thoughts on “​Memotret Pengunjung dari Atas Panggung”

  1. Wah tips yang menarik. Semacam harus siap dengan foto dadakan ya. Btw kapan-kapan aku diajak dong kakpit motret beginian. x)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge