Pertunjukan Pendek Balet “Megatruh”

Hari ini saya diundang Ballet.id untuk datang ke press conference pagelaran balet “Once” yang akan diselenggarakan tanggal 6-7 Agustus 2016 ini. Pagelaran balet ini akan dibawakan oleh West Australian Ballet, dengan para balerina Indonesian Youth Ensemble yang telah diaudisi tanggal 19 Juni 2016 lalu.

_MG_0700

Hari Minggu kemarin saya sempat menengok dan motret para balerina ini berlatih. Namun tentang ini akan saya ceritakan di postingan selanjutnya. Hari ini saat press conference di Tugu Kunstkring Paleis, ada pertunjukan singkat dari seorang balerina Australia ternama, Juliet Burnett. Jujur baru kali ini saya melihat langsung pertunjukan balet. Antara perasaan kagum dan sedikit seram bercampur saat melihatnya. Kagum melihat gerakan yang super amat sangat lentur, namun juga seram kalau ternyata gerakan itu memungkinkan untuk dilakukan.

_MG_0702

_MG_0707

Juliet Burnett tadi membawakan solo “Megatruh” yang dikoreografikan oleh Melanie Lane. Koreografi ini menceritakan tentang meditasi identitas dan budaya dengan mempertanyakan tubuh, otak, dan jiwa (begitulah katanya tertulis). “Megatruh” juga merefleksikan tulisan pujangga W.S. Rendra dalam kumpulan esai “Mempertimbangkan Tradisi.” Karena sifatnya yang sangat abstrak, saya sebenarnya juga kurang mengerti artinya sih :). Yang saya amati tadi hanyalah aksi pertunjukannya yang benar-benar baru bagi saya.

_MG_0709

_MG_0705

Ternyata Juliet Burnett ini sudah di Jakarta cukup lama, dan selama ini ia bersama Ballet.id juga melakukan kegiatan sosial dengan masyarakat tepian sungai Ciliwung. Ia mengajarkan disiplin dan nilai-nilai balet dan berharap bisa ikut membuat perubahan di tingkat grass root. Selebihnya silakan baca langsung postingan blog Juliet di tautan ini.

_MG_0710

_MG_0719

Balet.. ini benar-benar sesuatu yang baru di mata saya. Semoga akan banyak kesempatan lagi berikutnya untuk bisa melihat aksi balet di Jakarta dan mempelajari maknanya lebih dalam (tentunya sambil foto-foto ya).

Foto-foto press conference dan pertunjukan pendek balet “Megatruh” bisa dicek di album Flickr ini.

_MG_0715

_MG_0729

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge