Melihat Latihan Balet “Once” (1)

Beberapa minggu lalu saya menemukan akun @balletid di Twitter yang mengundang media untuk melihat proses latihan pagelaran balet “Once” yang akan diselenggarakan tanggal 6 dan 7 Agustus 2016 ini. Setelah saling mengontak, saya lalu diizinkan untuk datang melihat langsung proses latihan ini (dan tentunya memotretnya ya). Ini pertama kalinya saya berinteraksi dengan para praktisi balet.

Ballet.id (Ballet Indonesia Foundation) adalah yayasan non-profit yang dibentuk oleh 5 penari dan antusias di Indonesia, Australia, dan Singapura. Saat ini mereka sedang menyiapkan pagelaran balet berskala internasional yang bekerja sama dengan West Australian Ballet (WAB), perusahaan yang berfokus pada dunia ballet sejak 1952 dan masih eksis hingga sekarang.

_MG_9862

_MG_9901

Pada tanggal 19 Juni lalu WAB menyelenggarakan audisi yang mengumpulkan 60 penari Indonesia, dan memilih 20 penari dengan rentang usia 11-36 tahun. Para penari ini, yang kini disebut dengan Indonesian Youth Ensemble, akan terbagi dalam 2 grup berdasarkan rentang usia. Grup junior yang berusia 11-15 tahun akan membawakan “L’Enfant Joyeux” dan grup senior yang berusia 16 tahun ke atas akan membawakan “Ripple and Surge.” Dua koreografi ini dilatih langsung oleh Deborah Robertson yang kini sudah di Jakarta. Sebelumnya latihan dipandu melalui video Skype.

Hari Minggu kemarin saya menyempatkan untuk melihat para penari Indonesian Youth Ensemble ini latihan di sebuah studio di Manggarai. Sesi pagi hingga siang untuk grup junior, dan sesi siang hingga sore untuk grup senior.

_MG_9937

_MG_9931

Album foto saat latihan ini bisa dilihat di album Flickr ini.

Kalau mau melihat aksi perform baletnya, silakan mampir saja ke website “Once” dan melakukan pemesanan tiket di sana. Pagelarannya akan diadakan 2 kali: hari Sabtu 6 Agustus pukul 19:30 dan hari Minggu pukul 13:00, di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki.

_MG_9921

_MG_9861

_MG_9887

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge