​Gelar Jepang UI 2016

Tahun ini perhelatan hari terakhir Gelar Jepang Universitas Indonesia (GJUI) tidak dilaksanakan lagi di kampus UI, tapi pindah ke Parkir Timur Senayan. Acaranya sepertinya seru seharian, namun sayangnya saya baru bisa datang saat gelap tiba, karena habis menghadiri pernikahan teman di Bogor.

Sesampainya di GJUI, saya langsung mampir ke mini stage, tempat anak-anak Happy Kingdom seperti: Rachel Florencia, Marthina Meliana, Kariin, dan Candy Love mengisi acara. Panggung ternyata tidak disiapkan untuk kebutuhan perform di malam hari, sehingga penerangan hanya seadanya. Satu bohlam saja yang menerangi panggung. Hahaha.. jadi ingat panggung tujuh belasan di kampung.

_MG_3554

Saya tetap memotret sih, sambil meminjam flash dari kak Wisnu. Hahaha tapi hasilnya sudah bisa diduga. Nggak ada yang bagus. Pencahayaan panggung seadanya plus desain panggung yang juga seadanya ikut mendukung ketidakbagusan foto. Foto-fotonya tetap ada di Flickr saya kok, meski saya nggak merasa fotonya layak untuk di-share.

GJUI tahun lalu ditutup dengan aksi band keren dari Silent Siren. Di tahun ini ada 3 bintang tamu dari Jepang yang mengakhiri acara, yaitu: Loverin Tamburin, Shing02, dan FES☆TIVE (iya, namanya huruf kapital semua plus pakai bintang, ngerepotin ngetiknya).

Loverin Tamburin pertama kali perform di Jakarta saat Ennichisai 2016 kemarin. Di GJUI ini adalah penampilan keduanya. Band bergenre rock dengan vokalis bernama Aya ini membawakan lagu-lagu yang kurang lebih sama dengan di Ennichisai. Motor grup ini sebetulnya adalah si pemain keyboard, Akihiro Nagao, yang juga merangkap sebagai manajer band.

_MG_3613

_MG_3626

_MG_3683

_MG_3594

Shing02 (nggak ngerti kenapa namanya pakai angka) adalah penyanyi hip hop Jepang. Ia dibantu oleh partnernya yang menjadi DJ yang mengiringinya nyanyi. Saat membawakan lagunya, yang kebanyakan dalam bahasa Inggris, Shing02 mengangkat isu sosial. Saya nggak terlalu nyimak sih sebetulnya, hahaha, tapi kok setiap teriakannya disambut antusias oleh yang nonton. Entahlah itu karena spontanitas saja, atau memang penonton paham pesan yang disampaikan Shing02.

_MG_3724

_MG_3733

Pengisi acara puncak di panggung utama GJUI adalah FES☆TIVE, idol group beranggotakan 7 orang (nggak tau member aslinya berapa banyak, tapi yang di Jakarta ada 7 orang). Lagu-lagu mereka penuh dengan semangat. Apalagi mereka menyanyikannya sambil tanpa henti berjoget yang penuh dengan banyak lompatan. Ada nuansa festival dan musik tradisional Jepang di dalam lagu mereka, namun diolah kembali dengan beat yang cepat dan kencang.

Jujur saya nggak merasa cocok sih dengan lagu-lagu mereka. Namun saya sangat kagum melihat stamina mereka yang luar biasa. FES☆TIVE membawakan lebih dari 10 lagu dengan gerakan yang cepat dan tetap bisa menyanyikannya dengan live (ehem live, nggak kayak yang itu tuh).

Pencahayaan panggung utama lumayan bagus. Banyak foto yang saya suka di sini. Aksi Loverin Tamburin dan FES☆TIVE di panggung menambah keasyikan saat memotretnya. Beberapa foto di panggung utama bisa dicek di bawah ini.

Untuk lihat foto-foto lainnya, silakan cek langsung saja album Flickr-nya.

_MG_3824

_MG_4021

_MG_3836

_MG_3769

_MG_3751

_MG_3760

_MG_3929

_MG_3954

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge