Membuat Storybook di Instagram

Banyak genre foto portrait. Setiap fotografer selalu mencoba mencari keunikannya masing-masing. Saya pun selalu mencoba mencari apa yang unik, yang membuat gaya foto saya berbeda dengan lainnya. Beragam eksperimen saya coba. Kalau menelusuri Instagram saya hingga jauh ke belakang, bisa kelihatan kalau saya ingin mencoba hal yang berbeda-beda, entah itu dari warna, tone, pose, angle, dll. Di antara percobaan itu, ada satu hal yang kini masih konsisten saya coba, yaitu membuat foto bercerita.

Saya termasuk penyuka photobook. Melalui photobook, si fotografer bisa menyampaikan suatu konsep atau tema dengan benang merah tertentu. Pada awal Instagram ada, agak sulit mengadaptasi konsep ini di sana. Akhirnya saat itu saya membuatnya dalam format dokumen PDF yang saya unggah di slideshare. Masih ada di sana kalau mau lihat:

Salah satu contohnya saya tampilkan di sini:

Belakangan ini sejak mulai ada format multiple photo di Instagram dengan ukuran yang bebas pula, saya melihat konsep photobook bisa didaptasi pula di format ini. Beberapa foto yang saya jepret dalam bentuk serial saya rangkum dalam satu multiple photo post. Dengan format ini bahkan saya bisa menggabungkan video ke dalamnya. Suatu hal menarik kan?


Kalian bisa cek hashtag #psstorybook di Instagram untuk lihat koleksi foto yang saya buat dalam format tersebut. Sebenarnya jauh lebih nyaman untuk dilihat langsung melalui aplikasi Instagram, supaya tidak terlihat “putus” saat berganti slide.

Kalau kalian ingin membuat hal serupa seperti ini, kalian bisa cek guide berikut ini:

Setiap slide berukuran 1080×1350 (ukuran maksimal portrait Instagram). Khusus slide pertama, sebaiknya elemen penting berada di area tengah (di ukuran 1080×1080) agar tidak “terpotong” saat dilihat di halaman profile. Contoh di atas ini hanya untuk 4 slide. Kalian bisa tambahkan sendiri hingga maksimal 10 slide. Buat ada bagian foto yang bersambung dari satu slide ke slide berikutnya, supaya cerita terlihat lebih kontinu.

File PSD guide di atas bisa kalian unduh langsung di sini.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge