Spot Motret Asyik di Jakarta: Paradigma Kafe

Sepertinya saya akan mulai bikin serial postingan tentang tempat motret yang asyik di Jakarta. Tempat yang nyaman, minim gangguan, sekaligus memiliki spot-spot menarik untuk kebutuhan foto. Lokasinya nggak melulu kafe atau restoran, tapi saya akan berbagi info spot yang mungkin kalian nggak kepikiran.

Postingan pertama ini saya mulai dengan Paradigma Kafe, kafe yabg berlokasi di Cikini. Tepatnya, berada langsung di belakang stasiun kereta Cikini. Kafe ini berada di gedung DPP Golkar. Kafe dan pertokoan berada di lantai pertama, sementara kantor Golkar berada di lantai dua.

_MG_1163


Gedung tempat Paradigma Kafe memiliki desain gedung yang cantik, menyatukan suasana hijau dedaunan dengan dinding. Di area depan gedung terdapat area plaza untuk berkumpul dan bersosialisasi. Area ini dikelola oleh Paradigma Kafe. Sebagian lantai plaza ini ditutup oleh rumput sintetis. Sebagian lagi berada agak turun, dengan anak tangga mengelilinginya. Beberapa dinding pendek dilapis juga dengan rumput sintetis berwarna sama, sehingga bisa dijadikan background foto. Elemen desain arsitektur dan tanaman dengan beberapa warna juga menarik dijadikan elemen foto.

_MG_1013

Saya merekomendasikan kalian untuk datang di sore hari. Bila tidak mendung, cahaya matahari yang miring akan bisa menjadi subjek menarik untuk para fotografer penyuka backlight. Dahulu pengelola Paradigma Kafe suka menaruh bean bag di luar, namun kini sudah dipindahkan ke ruang dalam.

Ketika matahari mulai terbenam, beberapa lampu mulai menyala di sekitar plaza. Bila jeli, kalian bisa mendapatkan spot menarik yang mengkombinasikan arsitektur gedung yang dihiasi lampu dengan warna langit yang semakin bergeser ke biru tua.

_MG_0401

Lalu bagaimana dengan interiornya? Ada banyak tipe meja. Yang standar dengan kursi di sekelilingnya. Ada pula yang semi lesehan dengan tertutup tirai. Saat ini tata letak meja dan kursi masih suka berubah-ubah, sejak mulai ada perluasan ruangan. Dahulu saat area yang tertutup tirai ditaruh di belakang, saya suka duduk dan memotret di sini. Namun kini posisinya dipindah ke depan. Jadi nggak terlalu nyaman, karena mudah dilihat oleh orang lain.

_MG_7777

Di bagian belakang terdapat galeri karya yang juga bisa dipakai untuk background pemotretan. Kalian bisa membeli produk yang dipajang di sini. Foto juga boleh sih, hanya hati-hati ya, karena beberapa produk terlihat gampang pecah.

_MG_7567

_MG_7327

Saat terakhir saya datang minggu lalu, halaman belakang gedung sudah mulai direnovasi. Saat ini mulai dibangun area kumpul baru di belakang dengan pojok baca. Ada semacam amphiteather pendek yang juga bisa dijadikan spot cakep untuk pemotretan.

Jangan lupa untuk beli minuman dan makanan ya di sana. Ya kali sudah motret enak-enak, nggak belanja sama sekali di sana. Ada beberapa minuman warna-warni yang bisa dijadikan properti foto. Harga minuman di sana sekitar 30-35 ribu, sementara makanan beratnya di atas 60 ribu.

_MG_7777

_MG_0515

Belakangan ini Paradigma Kafe mulai makin ramai di akhir pekan. Kalau mau benar-benar nyaman, saran saya, datanglah pas hari kerja biasa. Terakhir saat saya mampir ke sana di hari Jumat jam 3 sore, suasananya masih terasa sepi.

Lebih detil tentang Paradigma Kafe silakan cek langsung saja akun Instagram-nya.

_MG_1234

_MG_4200

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge